Sukses

Jokowi: Saya Tak Mau Lagi Dengar Ada Suap, Lapor ke Saya Jika Ada Pejabat Tak Bersih

Jokowi mengingatkan agar tak ada lagi suap menyuap antara pejabat pemerintahan dan pengusaha dalam proses izin berusaha.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan agar tak ada lagi suap menyuap antara pejabat pemerintahan dan pengusaha dalam proses izin berusaha.

Jokowi menekankan izin berusaha harus dilakukan secara transparan dan mempermudah para pengusaha.

"Saya tidak mau lagi mendengar ada kesulitan yang dihadapi pengusaha, saya tidak mau ada lagi yang melakukan suap, semua harus dilakukan terbuka, secara transparan dan memudahkan para pengusaha," kata Jokowi saat meluncurkan sistem Online Single Submission (OSS) di Kantor BKPM Jakarta, Senin (9/8/2021).

"Jika ada aparat pemerintah yang tidak bersih, yang mencoba-coba, laporkan kepada saya," sambungnya.

Dia menegaskan bahwa OSS merupakan reformasi kemudahan layanan perizinan. Hal ini untuk memberi kemudahan berusaha bagi usaha mikro, kecil, menengah dan mendorong lebih banyak wirausaha baru.

"Mempercepat transformasi sektor informal menjadi sektor formal dan yang paling penting akan menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan OSS

Jokowi mengajak pelaku usaha, investor dalam dan luar negeri, pelaku UMKM, dan pelaku usaha besar memanfaatkan layanan OSS ini untuk mendapatkan kemudahan perizinan berusaha. Menurut dia, layanan OSS ini akan meningkatkan volume investasi dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

"Saya sudah banyak mendengar aspirasi pelaku usaha dari kecil, menengah dan besar, yang mereka sampaikan semuanya sama, para pelaku usaha membutuhkan layanan yang mudah, cepat dan tidak berbelit-belit," tuturnya.

Dia meyakini kemudahan izin berusaha akan menggerakan ekonomi nasional dan daerah. Untuk itu, Jokowi akan memastikan bahwa layanan OSS ini betul-betul terimplementasi dengan baik di lapangan.

"Saya akan awasi langsung implementasi di lapangan seperti apa. Apakah prosesnya semakin mudah, apakah izin semakin berkurang, apakah prosesnya semakin sederhana, apakah biayanya semakin efisien, apakah standarnya sama di seluruh Indonesia dan apakah layanannya semakin cepat?" ujar dia.

"Ini yang akan saya ikuti kalau ini bisa kita laksanakan saya yakin investasi baik yang investasi skala mikro, skala kecil, menengah dan besar akan meningkat di negara kita," sambung Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.