Sukses

Puluhan Rumah di Bojonggede Bogor Terendam Banjir

Liputan6.com, Jakarta Puluhan rumah di wilayah Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terendam banjir sejak Minggu (1/8/2021) sore. Banjir dipicu oleh luapan air sungai akibat derasnya curah hujan.

Lokasi banjir yang cukup parah terjadi di Desa Pabuaran dan Rawa Panjang, Kecamatan Bojonggede. Ketinggian air mencapai 60 cm sehingga merendam barang-barang dalam rumah seperti tempat tidur, lemari, kursi, kulkas dan lainnya.

Tak hanya rumah, warung kelontong yang lokasinya berdekatan dengan aliran Sungai Kalibaru juga terendam banjir.

Komandan Regu (Danru) 1 Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, Arman Riyanto, mengatakan banjir mulai merendam rumah warga sekitar pukul 15.30 WIB akibat meluapnya aliran Sungai Kalibaru.

"Sampai dengan pukul 19.00 WIB, banjir masih belum surut," ujar Arman.

Data yang dihimpun, sedikitnya ada 54 rumah terdiri 130 jiwa di Jalan Pintu Air, Desa Pabuaran, Bojonggede yang mengalami kebanjiran.

 

2 dari 3 halaman

Tinggi Banjir hingga 50 Cm

Sejumlah petugas gabungan dari BPBD, Damkar, dan beberapa relawan kebencanaan berada di lokasi banjir membantu warga yang terdampak.

"Kami pun masih menyisir setiap rumah, kemungkinan ada warga yang terjebak," kata Arman.

Sementara di Kampung Plered, Desa Rawa Panjang, Bojonggede tercatat 15 rumah terdampak akibat meluapnya Sungai Kalibaru. Ketinggian air antara 20-50 cm merendam rumah warga dan jalan.

"Akses jalan desa juga terendam dikarenakan hujan deras cukup lama dari pukul 15.00 sampai 18.00 WIB," ujar Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: