Sukses

Perayaan HUT ke-76 RI dan Lomba Secara Virtual Bisa Dinikmati di Rumah Digital Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 2021 mengangkat tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Peringatan HUT ke-76 RI kali ini akan digelar secara sangat minimalis dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta fokus pada kegiatan-kegiatan virtual.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara Eddy Cahyono Sugiarto mengatakan, peringatan HUT ke-76 RI yang juga identik dengan beragam perlombaan, panggung hiburan, pertunjukan kesenian, dan kegiatan lainnya tidak hanya digelar pada tanggal 17 Agustus saja, tetapi selama bulan Agustus atau Bulan Kemerdekaan.

Dia mengatakan, berbagai kegiatan akan lebih banyak menitikberatkan pada aktivitas-aktivitas virtual sehingga masyarakat dapat merasakan pengalaman yang baru.

"Pada tahun ini pula, suasana kemerdekaan secara digital dapat dinikmati masyarakat melalui kanal Rumah Digital Indonesia www.rumahdigitalindonesia.id, selama satu bulan penuh mulai tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2021," kata Eddy dalam keterangannya, Jumat (30/7/2021).

Rumah Digital Indonesia akan menayangkan rangkaian Upacara Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021, beragam pertunjukan seni, panggung hiburan, permainan khas kemerdekaan, pasar digital produk usaha mikro, kecil, dan menengah unggulan, serta kegiatan lainnya yang semuanya dikemas secara digital.

Adapun pedoman penyelenggaraan peringatan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2021 termasuk logo dan tema HUT ke-76 RI beserta panduan visual bagi setiap kantor di instansi pusat, daerah, perwakilan RI di luar negeri dan masyarakat luas, dapat diunduh di website www.setneg.go.id.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Upacara HUT RI Digelar Minimalis

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara Eddy Cahyono Sugiarto mengatakan, upacara peringatan detik-detik proklamasi dan upacara penurunan bendera pada tahun 2021 masih akan digelar secara sangat minimalis dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan petugas upacara dan tamu undangan yang sangat terbatas

"Masyarakat tetap dapat mengikuti Upacara peringatan detik-detik proklamasi dan upacara penurunan bendera pada tahun 2021 kali ini secara daring," ucap Eddy. 

Eddy memaparkan, pada tahun ini Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas akan menggunakan formasi lengkap 17 – 8 – 45 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sejak seleksi di daerah hingga bertugas di Istana Merdeka.

"Jarak antarpasukan dalam barisan juga akan diperlebar dan terdapat sejumlah penyesuaian teknis lainnya," kata dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS