Sukses

Menkes Budi soal Pasien Meninggal Saat Isoman: Tak Mau Lapor Karena Beban Sosial

Budi Gunadi Sadikin mengatakan, banyak faktor penyebab pasien Covid-19 saat menjalani isolasi mandiri (isoman) meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, banyak faktor penyebab pasien Covid-19 saat menjalani isolasi mandiri (isoman) meninggal dunia.

Menurut dia, masih ada stigma negatif dari masyarakat terhadap pasien Covid-19. Sehingga berdampak pada masalah sosial.

"Saya sedih, saya juga dapat masukan (pasien) isoman meninggal, penyebabnya banyak, bukan hanya tidak diterima di RS. Tapi rupanya orang yang sakit di banyak daerah masih dilihat sebagai orang yang ternoda, terhukum, orang yang tidak baik perilakunya jadi kasihan orang-orang ini," kata Budi dalam konferensi pers secara daring, Senin (26/7/2021).

Menurut dia, hal inilah yang membuat mereka yang terpapar Covid-19 dan menjalani isoman enggan menjalani tes dan melapor ke fasilitas kesehatan bahwa telah positif Covid-19.

Budi mengingatkan semua masyarakat bahwa Covid-19 bukanlah aib yang harus ditutupi.

"Mereka tidak mau dites, tidak mau lapor karena ada beban sosial. Karena itu, sakit Covid bukan aib, justru kalau saudara kita sakit harus dibantu. Jangan diaibkan nanti malah gak mau lapor," ungkap dia.

Budi menuturkan,bahaya apabila masyarakat yang memiliki gejala Covid-19 namun tidak melakukan tes dan melapor ke fasilitas kesehatan.

Terlebih, bagi pasien berpenyakit komorbid serta bergejala berat yang membutuhkan penanganan segera di Rumah Sakit.

"Telat masuk RS dan jadi kematian tinggi. Jadi, tolong Bapak/Ibu segera lapor ke RS, Puskesmas, dokter agar bisa dites cepat supaya bisa tahu level keparahannya seperti apa dan di treatment sesuai keparahannya. Mudah-mudahan dengan itu bisa mengurangi kematian," kata Budi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Covid-19 di Indonesia

Sebagai informasi, angka penambahan kasus positif, sembuh, dan meninggal dunia akibat virus Corona yang menyebabkan Covid-19 di Indonesia masih terus terjadi. Dilaporkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, per data hari ini, Senin (26/7/2021) terdapat 28.228 orang dinyatakan positif Corona.

Sehingga total akumulatifnya sampai kini sebanyak 3.194.733 orang di Indonesia terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona yang menyebabkan Covid-19.

Penambahan kasus sembuh ada 40.374 orang pada hari ini. Jadi di Indonesia total akumulatif ada 2.549.692 pasien sudah berhasil sembuh dan negatif Covid-19 hingga saat ini.

Sementara kasus meninggal dunia pada hari ini bertambah 1.487 orang. Total akumulatifnya menjadi 84.766 orang meninggal dunia sampai saat ini di Indonesia karena virus Corona yang menyebabkan Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.