Sukses

Masjid Istiqlal Tetap Gelar Kurban Idul Adha 2021

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal akan dilaksanakan pada H+2 Idul Adha atau Rabu 21 Juli 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat akan tetap menggelar penyembelihan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah atau 2021 Masehi. Kendati, Masjid Istiqlal tidak menyelenggarakan salat Idul Adha.

"Iya tetap menggelar kurban," ujar Ketua Panitia Kurban Idul Adha 2021 Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (18/7/2021).

Penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan pada H+1 Idul Adha atau Rabu pagi (21/7/2021) di area Masjid Istiqlal dan beberaoa masjid binaan.

"Rabu pagi sesuai arahan pemerintah," ucapnya.

Lebih lanjut, panitia akan kembali menggunakan kantong plastik sebagai tempat daging hewan kurban yang akan didistribusikan ke masyarakat. Plastik yang digunakan ramah lingkungan karena bahan bakunya dari bambu.

"Kita gunakan plastik ramah lingkungan seperti tahun sebelumnya," tutur Abu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menag Larang Salat Idul Adha di Masjid dan Lapangan

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menekankan bahwa saat ini tidak diperbolehkan menggelar salat Idul Adha di masjid dan lapangan. Hal ini mengingat pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sejumlah wilayah.

"Bahwa salat Iduladha hanya bisa dilakukan di rumah. Tidak ada salat Iduladha di masjid atau di lapangan dalam masa PPKM Darurat ini," kata Yaqut dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi, Jumat (16/7/2021).

 

3 dari 3 halaman

Infografis Pelaksanaan Kurban Idul Adha 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.