Sukses

Relawan Covid-19: Beban Nakes Sangat Berat, Tiap Hari Lihat Kematian Sangat Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Relawan Satgas Covid-19, Andre Rahadian mengungkapkan, bahwa tenaga kesehatan (nakes) merasakan beban psikologis yang sangat berat. Sebab, nakes menyaksikan tingkat kematian orang terpapar Covid-19 sangat tinggi.

"Nakes-nakes yang bekerja di fasilitas kesehatan kita tahu beban mereka sangat berat menyaksikan tingkat kematian yang sangat tinggi, ini kan beban juga buat mereka," katanya melalui diskusi virtual, Sabtu (10/7/2021).

Menurutnya, setiap hari tenaga kesehatan dihadapkan pada kematian seseorang. Belum lagi dikomplain oleh masyarakat yang sulit mendapatkan fasilitas kesehatan.

"Tiap hari mereka lihat ini, tiap hari mereka harus berhadapan dengan orang yang komplain karena oksigen, akses kurang, enggak bisa dapat kamar dan lain lain. Padahal keluarga mereka (nakes) sendiri juga ada yang terkena (Covid-19)," ungkapnya.

 

2 dari 4 halaman

Butuh Bantuan Psikologis

Menurutnya, bantuan psikologis dibutuhkan dalam keadaan seperti ini. Dia harap banyak para psikososial atau pekerja sosial yang turut membantu pada situasi sekarang.

"Jadi ini beban psikologis yang sangat berat dan itu ruang-ruang yang kita harapkan bisa dibantu oleh banyak pihak," pungkasnya.    

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Infografis Rekor Tertinggi Kasus Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: