Sukses

Ada Optimalisasi, PPDB Online di DKI Setop Sementara hingga Pukul 12.00 WIB

Setelah proses selesai, pendaftar dapat kembali mengakses website PPDB DKI Jakarta untuk mengajukan akun pendaftaran.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menghentikan sementara pengajuan akun dalam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 pada Selasa (8/6/2021). Hal tersebut untuk mengoptimalisasi kinerja server yang sempat mengalami pelambatan saat diakses para pendaftar.

"Sehubungan dengan optimalisasi sistem PPDB online, pengajuan akun akan dihentikan sementara mulai hari Selasa dari pukul 01.30-12.00 WIB," kata Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja dalam keterangan tertulis.

Dia mengatakan, setelah proses optimalisasi selesai, pendaftar dapat kembali mengakses website PPDB DKI Jakarta yakni untuk mengajukan akun pendaftaran.

"Setelah proses tersebut selesai dapat melakukan pengajuan akun kembali," ucap Taga.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB Dinas Pendidikan DKI Jakarta Slamet mengakui, website pendaftaran PPDB online sulit diakses oleh pendaftar. Hal tersebut diakibatkan tingginya traffic atau pendaftar yang membuka website PPDB.

"Kalau hari ini sistemnya terkesan lambat, memang itu kejadian karena trafficnya cukup tinggi. Namun demikian saya pastikan bahwa sistem hari ini dari pagi itu tetap jalan," kata Slamet saat diskusi virtual, Senin 7 Juni 2021.

Slamet membantah website PPDB DKI Jakarta disebut down. Dia menyatakan, pihaknya terus memantau masalah apa saja yang terjadi saat pelaksanaan PPDB online hari pertama tersebut.

"Jadi sekali lagi sistem hari ini tidak down tapi mengalami pelambatan. Kami tim sedang berupaya untuk mengatasi pelambatan-pelambatan ini," ucap dia.

Slamet menambahkan, Dinas Pendidikan telah menambah bandwidth untuk mengatasi perlambatan akses website PPDB. "Kami sudah siapkan baik peningkatan bandwidth-nya maupun penambahan-penambahan seperti server dan lain-lain," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orang Tua Murid Keluhkan Sulitnya Akses Website

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online DKI Jakarta tahun ajaran 2021/2022 untuk jenjang SD, SMP, hingga SMA resmi dibuka hari ini. Proses tersebut dapat dimulai melalui website ppdb.jakarta.go.id.

Pendaftaran PPDB melalui jalur prestasi dapat dilakukan pada Senin (7/6/2021) sampai Rabu (9/6/2021). Namun, sejumlah warga mengaku mengeluhkan server PPDB online jalur prestasi tersebut down.

Salah satu orang tua murid, Lenny Tambunan mengaku server down sejak pendaftaran PPDB online dibuka, yakni pukul 08.00 WIB.

"Sudah dari pagi siaga di depan komputer dan mulai ajuan akun. Tapi sudah puluhan kali mengulang ajuan akun, tapi belum bisa sampai sekarang. Padahal tanpa akun, enggak bisa daftar ke SMA yang dituju," kata Lenny kepada Liputan6.com, Senin (7/6/2021).

Lenny mengaku sebagai seorang pekerja dirinya meluangkan waktu izin setengah hari untuk membantu anaknya dalam proses PPDB online saat ini. Namun, hingga pukul 11.00 WIB website PPDB online belum bisa diakses.

"Kalau kita sudah dapat akun, kita sudah tenang. Jadi kita bisa daftar, terus nanti kita tinggal pantau saja," ucap dia.

Keluhan lain juga disampaikan oleh Lidya yang mengaku sampai menggunakan beberapa laptop untuk membantu mendaftarkan anaknya sekolah SMA.

Kata dia, sejumlah wali murid juga mengeluhkan hal sama karena server down dari website PPDB online.

"Rata-rata keluhannya sama, enggak bisa login ke websitenya. Ini dari group whatsapp juga baru dua orang yang bisa," ucapnya.

Karena hal itu, dia meminta adanya perbaikan jadwal dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

"Jangan serentak lah, ada jadwal sendiri dari masing-masing jenjang sekolah. Ini dari pukul 07.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB masih belum bisa diakses websitenya," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.