Sukses

Tak Pakai Masker, Wisatawan di Pulau Untung Jawa Disanksi Kerja Sosial

Basahir mengatakan, operasi tertib masker menyasar lingkungan permukiman, homestay, dermaga dan lokasi wisata.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak dua wisatawan di Pulau Untung Jawa kedapatan tidak menggunakan masker saat dilakukan pengawasan protokol kesehatan (prokes) oleh Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kelurahan Pulau Untung Jawa, Basahir mengatakan, operasi tertib masker menyasar lingkungan permukiman, homestay, dermaga dan lokasi wisata.

"Kami mendapati dua wisatawan di Taman Arsa yang tidak menggunakan masker. Keduanya kita sanksi kerja sosial membersihkan fasilitas umum dengan menggunakan rompi khusus," ujarnya, Jumat (28/5/2021).

Ia menambahkan, dalam pengawasan prokes tersebut juga dibagikan sebanyak 50 masker kepada warga dan wisatawan. Sebab, masker yang mereka gunakan dinilai sudah tidak layak pakai.

"Pengawasan prokes dengan operasi tertib masker gencar dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan mempertahankan kawasan zona hijau di Pulau Untung Jawa. Kami terus melakukan sosialisasi dan mengedukasi warga maupun wisatawan untuk tetap patuh terhadap prokes," tandasnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, juga mengadakan operasi tertib masker. Hasilnya, didapati dua orang yang melanggar ketentuan penggunaan masker.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kelurahan Pulau Tidung, Supriyadi mengatakan, pelaksanaan operasi tertib masker dilakukan di lingkungan permukiman, dermaga dan lokasi wisata.

"Ada dua warga yang kedapatan tidak menggunakan masker di lokasi wisata Jembatan Cinta. Keduanya kita berikan sanksi sosial membersihkan fasilitas umum dengan menyapu jalan menggunakan rompi khusus," ujarnya, Kamis (27/5/2021).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiplin dan Patuhi Prokes

Ia menambahkan, operasi tertib masker terus dilakukan selama pandemi Covid-19. Tujuannya, agar warga bisa senantiasa disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kita lakukan imbauan melalui pengeras suara. Warga harus bisa memberikan contoh kepatuhan prokes bagi wisatawan," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.