Sukses

Peningkatan Kasus Covid-19 Pasca-Lebaran Diprediksi hingga Juni

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono memprediksi peningkatan kasus Covid-19 pasca Lebaran akan terjadi hingga pertengahan Juni 2021. Dia mengatakan kenaikan kasus Covid-19 pasca Lebaran diakibatkan dua faktor, salah satunya mobiitas masyarakat.

Menurut dia, kasus Covid-19 mulai mencapai 5.000 per hari selama 4 hari terakhir. Hal ini menandakan mobilisasi yang terjadi pasca-Lebaran dan Ramadhan sudah mulai terlihat pada minggu ini.

"Kalkulasi prediksi yang kita lakukan mungkin akan mencapai peningkatannya sampai pertengahan Juni yang akan datang. Itu faktor eksogen," jelas Dante dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/5/2021).

Selain itu, dia menyebut kenaikan kasus Covid-19 juga bisa disebabkan faktor endogen yakni, masuknya varian baru virus corona ke Indonesia. Hingga kini, ada tiga jenis mutasi virus corona yang masuk ke Indonesia yakni, B.1617 dari India, B.117 dari Inggris, dan B.1351 dari Afrika Selatan.

Dante mengungkap sejauh ini ada 54 kasus Covid-19 di Indonesia akibat tiga varian baru virus corona tersebut. Adapun ketiga jenis varian virus tersebut memiliki tingkat penyebaran yang cepat.

"54 kasus ini menyebar, 35 di antaranya adalah varian kasus yang berasal dari imigran dari luar, dari luar Indonesia dan 19 kasus berasal dari variasi yang berasal dari Indonesia," katanya.

"Jadi sudah ada kontak internal, sudah ada penyebaran secara internal dari varian of concern tersebut," sambung Dante.

2 dari 3 halaman

Patuhi Prokes

Dia pun mengingatkan masyarakat untuk mematuhi prtokol kesehatan. Pasalnya, kedua faktor diatas dapat meningkatkan kasus Covid-19 beberapa waktu kedepan.

"Kombinasi antara dari faktor eksternal berupa mobilisasi dan faktor endogen berupa mutasi dari virus menyebabkan kasus ini akan meningkat beberapa saat ke depan," tutur Dante.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: