Sukses

Kunjungi Candi Rimbi, Gus Menteri: Ini Warisan Budaya yang Harus Dilestarikan

Candi Rimbi merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar pada Sabtu (22/5) menyempatkan mengunjungi Candi Rimbi di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Abdul Halim atau yang akrab disapa Gus Menteri ini mengunjungi Candi itu setelah melakukan peninjauan pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) penetapan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa di Desa Pulosari dan Desa Pakel, Jombang.

"Saya saat ini berada di Candi Rimbi, sebuah tempat wisata budaya dan sejarah yang berada di Desa Pulosari, Jombang," kata Gus Menteri.

Candi Rimbi merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

 

Candi ini terdapat peninggalan berupa Arca yaitu Arca Parwati yang diyakini merupakan perwujudan Tribhuwana Wijayo Tungga Dewi yang merupakan Ratu Majapahit yang berkuasa pada 1328-1350.

"Candi ini adalah warisan budaya nusantara yang harus terus kita jaga dan lestarikan," kata Gus Menteri.

Candi Rimbi memiliki keunikan yang menarik, yaitu relief Candi Rimbi yang semua berjumlah 51 panil.

Ada dua macam bingkai panil yang dipahat berselingan, yaitu bingkai yang menonjol dan yang rata dengan permukaan dinding candi.

Hiasan bunga padma, berbagai ragam geometris, dan ragam hias simbar diberikan pada perbingkaian candi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini