Sukses

Top 3 News: Gempa Magnitudo 6,7 Nias Barat Sumut Terasa hingga Sumbar

Pusat gempa berada di koordinat 0,10 LU, 96,53 BT atau 141 km Barat Daya Nias Barat, Sumut.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa magnitudo 6,7 yang mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara (Sumut), Jumat, 14 Mei 2021 kemarin tak berpotensi tsunami. Meski begitu, guncangan gempa sempat membuat warga panik.

Bahkan menurut catatan BMKG, usai terjadi gempa utama, gempa susulan terjadi hingga sembilan kali dengan rentang magnitudo 3,3 hingga 5,3.

Saat terjadi gempa, guncangannnya bahkan dirasakan kuat hingga provinsi tetangga, Sumatera Barat. Menurut catatan BMKG, gempa terjadi di kedalaman 19 kilometer. Berita ini menjadi terpopuler pertama di top 3 news, 14 Mei 2021. 

Dari kasus positf Covid-19 di Tanah Air, hingga Jumat kemarin, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan jumlah kasus baru akibat terpapar virus Corona bertambah. 

Menempati posisi pertama dengan jumlah pasien positif terbanyak adalah DKI Jakarta. Dari 2.633 orang, Jakarta menyumbang 632 orang.

Sementara itu, dari Papua, pasukan TNI-Polri dilaporkan berhasil menembak mati Lesmin Waker. Dia merupakan Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Lekagak Telenggen.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu, 14 Mei 2021:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gempa M 7,2 Guncang Barat Daya Nias Barat

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang barat daya Nias Barat, Sumatera Utara. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, lindu itu terjadi pukul 13.33 WIB, Jumat (14/5/2021).

"Gempa Magnitudo: 7.2, 14-Mei-21 13:33:07 WIB," tulis BMKG, Jumat.

Pusat gempa tersebut berada di koordinat 0.10 LU, 96.53 BT atau 141 km Barat Daya Nias Barat, Sumut.

BMKG menyebut pusat gempa terjadi di kedalaman 19 kilometer. 

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. DKI Jakarta Laporkan Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi pada 14 Mei 2021

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia bertambah 2.633 orang pada Jumat (14/5/2021). Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sebanyak 632 orang di antaranya berasal dari DKI Jakarta. 

Total, ada 418.820 orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona di Jakarta sejak Maret 2020.

Kemudian, disusul Jawa Barat dengan penambahan 610 orang dengan jumlah kumulatif mencapai 295.789 kasus Covid-19.

Lalu Jawa Tengah berada di urutan ketiga dengan mencatatkan kasus sebanyak 162 orang.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Pasukan TNI-Polri Tembak Mati Komandan KKB di Ilaga Papua

Pasukan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Nemangkawai menembak mati Komandan Pasokan Pintu Angin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Lekagak Telenggen, Lesmin Waker.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, Lesmin Waker adalah salah satu penembak Bharada Komang, anggota Satgas Operasi Nemangkawi.

"Setelah pemburuan di wilayah Wuloni, pasukan TNI-Polri menembak Lesmin Waker, Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Teroris Lekagak Telenggen," kata Iqbal seperti dilansir dari Antara, Kamis (13/5/2021).

Dia menuturkan, lokasi kontak senjata berada di sekitar Kampung Wuloni, Ilaga, Papua, yang diduga sebagai salah satu tempat persembunyian kelompok Lekagak Talenggeng. Kelompok ini telah dikategorikan sebagai kelompok teroris oleh Pemerintah.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Nias Barat

  • BMKG Hari Ini