Sukses

Sepinya Sudirman-Thamrin di Malam Takbiran

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya memberlakukan car free night di sepanjang jalan Sudirman sampai Thamrin di malam takbiran jelang hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Langkah itu dilakukan dalam rangka pencegahan kerumunan warga di tengah pandemi Covid-19.

Berdasarkan pantauan merdeka.com pada Rabu (12/5/2021) sekitar pukul 22.30 WIB, dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) kondisi arus lalulintas terlihat lengang, usai sejumlah petugas menutup akses jalan di Sudirman-Thamrin menggunakan barrier.

Padahal sebelumnya atau sekira pukul 21.30 WIB sejumlah kendaraan sempat memadati ruas Jalan Sudirman-Thamrin. Masyarakat nampak lalu lalang menikmati momen malam takbiran.

"22.21 WIB Polri memberlakukan Car Free Night di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin mulai dari Tl. Harmoni s/d Bundaran Senayan. Diimbau bagi masyarakat untuk Malam Takbiran di rumah saja. Stay At Home and Stay Safe," dikutip dari akun twitter @TMCPoldametro.

2 dari 3 halaman

Terjunkan 1.024 Petugas

Sebelumnya, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menerjunkan 1.024 personel gabungan untuk mengamankan kondisi ibu kota saat malam takbiran. Langkah ini untuk mencegah terjadinya kerumunan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran ketika berikan pengarahan pada apel pengamanan malam takbir operasi Ketupat Jaya 2021 yang turut dihadiri Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

"Terdapat 1.024 personel yang terbagi di 20 titik pengamanan," kata Fadil, Rabu (12/5).

Fadil menjelaskan, terdapat dua skema yang akan diterapkan. Yakni filterisasi kendaraan dan crowd free night di wilayah Ibu Kota Jakarta.

Pukul 18.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, dilakukan filterisasi kendaraan.

"Di mana apabila kita menemukan kendaraan yang hendak melaksanakan takbir keliling diberikan pengarahan diberikan edukasi, dan diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Pukul 22.00 WIB, diterapkan konsep crowd free night. Semua yang tidak ada kepentingan di jalan dan tidak dapat menunjukan alasan tepat dan dapat timbulkan kerumunan akan ditindak.

"Maka langsung dintindak untuk kembali ke rumah masing- masing," tambahnya.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: