Sukses

Top 3 News: Penjelasan Polisi soal Penumpang Bus Mengamuk di Tol Jakarta-Cikampek

Liputan6.com, Jakarta Penyekatan di sejumlah titik Ibu Kota yang dilakukan polisi terkait larangan mudik yang telah ditetapkan pemerintah, berimbas pada masalah baru. Kemacetan panjang belum lama ini terlihat di Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di KM 31, Kamis 6 Mei kemarin pagi.

Situasi tersebut sempat viral saat kerumunan massa mengungkapkan kekesalannya akibat adanya penyekatan. Hal ini belakangan dibenarkan Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal.

Menurutnya, mereka merupakan penumpang bus berisi karyawan yang sedang mengarah ke Cikarang Barat. Berita ini menjadi terpopuler pertama di top 3 news, Kamis, 6 Mei 2021. 

Seperti diketahui, larangan mudik Lebaran telah ditetapkan pemerintah terhitung mulai 6 Mei kemarin hingga Senin, 17 Mei mendatang. Salah satu pintu tol yang disekat adalah jalan bebas hambatan Cikunir 3, yaitu Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ).

Upaya pemerintah untuk mencegah warganya mudik tahun ini juga tak main-main. Dapat dilihat dari jumlah personel yang dikerahkan untuk menghalau para pemudik yang masih nekat, yaitu sekitar 4.276 personel gabungan.

Pengamanan tersebut rencananya akan berlangsung hingga 17 Mei mendatang guna mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta. 

Sementara itu, usai eksodus yang dilakukan ratusan warga negara India ke Tanah Air, belum lama ini dalam video viral yang beredar, terlihat puluhan WN China tiba di Bandara Soekarno Hatta, pada Selasa, 4 Mei 2021.

Sebanyak 85 warga negara China tersebut tiba dengan menggunakan Pesawat China Southern Airlines, charter flight, dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis, 6 Mei 2021:

 

2 dari 5 halaman

1. Viral Video Penumpang Bus Mengamuk di Tol Saat Mudik Dilarang, Ini Penjelasan Polisi

Sebuah rekaman video viral di media sosial yang menampilkan kerumunan massa di tol lantaran ada penyekatan jalan bebas hambatan. Rekaman itu berdurasi 29 detik.

Orang-orang tersebut berdiri sambil mengamati kemacetan kendaraan yang ada di seberang jalan. Sementara di belakang mereka berdiri banyak bus-bus besar yang berhenti. Sesekali juga terdengar ungkapan kekesalan yang dialamatkan kepada petugas yang menyekat tol.

"Tutup aja sekalian, tutup. Kita ini pekerja woi," kata seorang pria seperti dikutip dalam rekaman video, Kamis (6/5/2021).

Menurut laporan yang diterima, kendaraan itu adalah bus karyawan yang terhambat lantaran ada penutupan akses tol. Bus tersebut tengah mengarah ke Karawang Barat. Sementara tadi, akses dari Karawang Timur yang mengarah ke Cikarang Barat ditutup sementara.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Dilarang Mudik Mulai Berlaku, Polisi Sekat Pintu Tol Keluar Jakarta 6 Mei 2021 Dini Hari

Kebijakan dilarang mudik mulai berlaku 6 Mei 2021. Polda Metro Jaya pun menyekat sejumlah pintu tol pada Kamis (6/5/2021).

Penyekatan itu dibagikan Polda Metro Jaya melalui akun Traffic Management Center (TMC). Salah satu pintu tol yang disekat saat dilarang mudik adalah di jalan bebas hambatan Cikunir 3.

"00.41 Polri melakukan penutupan jalur Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed di ruas Cikunir 3. Situasi arus lalu lintas terpantau lancar," tulis TMC Polda Metro Jaya dalam akun Twitter-nya.

Begitu pula dengan pintu Tol Cikarang Barat arah Cikampek. Penutupan dilakukan sekitar pukul 00.00 WIB, Kamis ini.

"Melaksanakan penyekatan arus mudik Lebaran 2021 di Tol Cikarang Barat (arah ke Cikampek)," tulis TMC Polda Metro Jaya dalam akun Instagramnya.

Polisi juga mengunggah video penutupan pintu tol saat dilarang mudik mulai berlaku. Video itu memperlihatkan, sejumlah kendaraan terpaksa berhenti di depan pintu tol karena penutupan tersebut.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Ditjen Imigrasi Benarkan 85 WN China Masuk Indonesia Lewat Bandara Soekarno-Hatta

Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham Arya Pradhana Anggakara membenarkan adanya puluhan Warga Negara (WN) China yang tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Informasi ini menyusul viralnya sebuah video di sosial media yang menunjukkan WN China yang datang ke Indonesia saat larangan mudik digalakkan pemerintah.

"Benar, pada Selasa 4 Mei 2021 jam 14.55 WIB telah mendarat 85 WN Cina dan 3 WNI dengan pesawat China Southern Airlines, charter flight, dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta," tutur Arya saat dikonfirmasi, Kamis (6/5/2021).

Arya tidak membeberkan maksud dan tujuan puluhan WN China itu ke Indonesia. Dia hanya menegaskan bahwa petugas telah melakukan pemeriksaan terkait status keimigrasian dan kesehatan sesuai dengan protokol Covid-19.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: