Sukses

Warga Kabupaten Tangerang yang Terpapar Covid-19 Varian Baru, Dinyatakan Sembuh

Dua pasien Covid-19 varian baru dari Inggris yakni B.1.1.7 merupakan warga Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang - Dua pasien Covid-19 varian baru dari Inggris yakni B.1.1.7 merupakan warga Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Salah satunya, yakni pasien yang berasal dari Kabupaten Tangerang, telah dinyatakan sembuh.

"Itu terjadi di Februari, sekarang yang bersangkutan sudah sehat, sudah sembuh, sudah kembali ke rumah," tutur Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, Kamis (6/5/2021).

Menurut dia, Covid-19 jenis baru itu teridentifikasi ketika pasien yang merupakan warga Mekar Baru, Kabupaten Tangerang tersebut pulang dari daerah Timur Tengah pada Februari 2021.

"Yang bersangkutan ini warga Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang. Di mana yang bersangkutan merupakan pekerja migran dan baru pulang Timur Tengah," kata Hendra.

Sesampainya di Bandara Soekarno Hatta, pasien mengikuti prosedur kedatangan dari luar negeri, yakni dikarantina selama 5 hari. Namun, saat dikarantina dan diswab PCR, warga tersebut positif terpapar Covid-19.

"Dia OTG, tapi tetap menjalani karantina selama 20 hari di Wisma Atlet," ujar Hendra.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Dalam Pantauan

Setelah dinyatakan sehat, yang bersangkutan kembali ke rumah. Namun, dia masih dalam pantauan petugas Puskesmas selama 14 hari ke depan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan imunitas tubuhnya.

Lalu, sebagai tindak lanjut, pihaknya juga melakukan pengecekan kepada keluarga yang bersangkutan dengan mengambil sampel dan dibawa ke Litbangkes Kementerian Kesehatan.

"Keluarganya negatif, hanya dia saja," kata Hendra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19