Sukses

5 Pemenang Penghargaan Khusus untuk Sosok Inspiratif dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021

Selain kepada Menlu Retno Marsudi, anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 juga memberikan penghargaan khusus kepada Menteri Sri Mulyani dan Menteri Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Liputan6.com, Jakarta - Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 yang digelar bertepatan dengan Hari Kartini telah sukses digelar. Acara yang diselenggarakan Rabu siang (21/4/2021) menjadi gelaran tahun ketiga yang diselenggarakan oleh Liputan6.com bersama Kapan Lagi Youniverse. 

Irna Gustiawati selaku Dewan Juri Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 sekaligus Pemimpin Redaksi Liputan6.com mengungkap tujuan di balik penganugerahan ke sejumlah tokoh perempuan Indonesia yang dinilai telah memberikan kontribusi positif untuk lingkungan dan masyarakat. 

"Perjuangan dan aksi nyata Perempuan Hebat Indonesia yang terpilih ini sangat sesuai dengan pemikiran dan gagasan Kartini yang tak lekang dimakan zaman," kata Irna, Rabu (21/4/2021).

Berkaca pada sosok Kartini, Irna menilai sosok wanita pribumi yang terlahir dari kalangan bangsawan tersebut pikiran-pikirannya telah melampaui zamannya. 

Pemikiran, gagasan dan perjuangan Kartini, kata dia, akan selalu relevan dan masih menjadi PR karena isu-isu yang diangkatnya dulu hingga kini masih terus ada.

"Kita lihat masih banyak perempuan yang jadi korban sikap feodal seperti isu pernikahan anak, isu pengakuan untuk pekerja rumah tangga sebagai golongan pekerja, kekerasan dalam rumah tangga dan yang tak kalah menakutkan adalah perempuan yang menjadi korban human trafficking (perdagangan manusia)," tuturnya. 

Dan menurutnya, perjuangan dan aksi nyata para Perempuan Hebat Indonesia yang terpilih dalam acara ini sangat sesuai dengan pemikiran dan gagasan Kartini yang tak lekang dimakan oleh zaman. Terlebih saat kondisi negara tengah berjuang melawan Covid-19.

Keenam Perempuan Hebat Indonesia 2021 yang terpilih adalah:

1. Erni Suyanti Musambe – Pegiat Konservasi Harimau Sumatra

2. Yustitia Arief – Pegiat Kesetaraan untuk Disabilitas

3. dr. RA Adaninggar, SpPD – Pegiat Edukasi Lawan Hoaks Covid-19

4. Suci Apriani – Pegiat Edukasi Cegah Pernikahan Dini

5. Lidya Angelina – Pegiat UMKM dan Ekonomi Kreatif

6. dr. Ariani – Pegiat Plasma Konvalesen untuk Lawan Covid-19

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan Khusus untuk Sosok Inspiratif

Selain itu, Liputan6.com juga memberikan penghargaan khusus kepada sejumlah sosok inspiratif yang dinilai kerja, karya, dan prestasinya tak diragukan lagi selama ini. 

"Kami juga memberikan penghargaan khusus untuk sosok-sosok inspiratif yang sudah tidak diragukan lagi kerja, karya dan prestasinya," ujar Pemimpin Redaksi Liputan6.com Irna Gustiawati selaku Dewan Juri Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021.

Berikut daftarnya:

1. Retno Marsudi, Tokoh Perempuan Inspiratif

2. Sri Mulyani Indrawati, Tokoh Perempuan Inspiratif

3. I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Tokoh Perempuan Inspiratif

4. Handayani, Tokoh Perempuan Inspiratif

5. Hasto Wardoyo, Tokoh Indonesia Bebas Stunting

Tak hanya memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh perempuan hebat di Tanah Air, Liputan6.com juga memberikan apresiasinya untuk perusahaan yang peduli terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

1. OPPO, Brand Peduli Indonesia

2. KPR BRI, Brand Penyedia Solusi di Tengah Pandemi

 

 

 

Syauyiid Alamsyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.