Sukses

Retno Marsudi Raih Penghargaan Khusus dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendapat penghargaan khusus dalam acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendapat penghargaan dalam acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021. Atas kerja, karya dan prestasinya, Retno meraih penghargaan khusus sebagai Tokoh Perempuan Inspiratif.

"Kami juga memberikan penghargaan khusus untuk sosok-sosok inspiratif yang sudah tidak diragukan lagi kerja, karya dan prestasinya. Penghargaan khusus kami berikan salah satunya kepada Retno Marsudi sebagai Tokoh Perempuan Inspiratif," ujar Pemimpin Redaksi Liputan6.com Irna Gustiawati selaku Dewan Juri Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021.

Selain Retno Marsudi, wanita Indonesia yang juga mendapat penghargaan Tokoh Perempuan Inspiratif adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Direktur Konsumer BRI Handayani.

"Acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 adalah gelaran di tahun ketiga yang diselenggarakan Liputan6.com. Acara ini bertujuan memberikan apresiasi kepada perempuan Indonesia yang telah memberikan kontribusi positif untuk lingkungan dan masyarakat yang dampaknya turut memajukan bangsa Indonesia," ungkap Irna, dalam acara yang digelar untuk memperingati Hari Kartini pada Rabu (21/4/2021).

"Upaya yang dilakukan ini, kami namakan sebagai aksi Perempuan Hebat Indonesia karena pada akhirnya memberikan contoh, semangat dan inpirasi untuk semua perempuan Indonesia," imbuhnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menlu Perempuan Pertama dalam Sejarah Indonesia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah menjabat di Kabinet Kerja selama 2 periode. Atas sejumlah prestasinya, salah satu Kartini Indonesia ini akan memeriahkan ajang Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021.

Dalam acara yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Kartini pada Rabu 21 April 2021 pukul 11.00-12.30 WIB ini, Retno akan membacakan puisi tentang perempuan.

Seorang diplomat karier di lingkungan Kementerian Luar Negeri RI sejak 1986, Retno Marsudi (27 November 1962; 56 tahun) adalah menteri luar negeri perempuan pertama dalam sejarah Indonesia.

Alumni SMA 3 Semarang dan jebolan Hubungan Internasional FISIPOL-UGM itu pernah menduduki sejumlah posisi strategis selama berkarier di Kemlu RI. Pada 2001 - 2003, Retno Marsudi menjabat sebagai Direktur Kerjasama Intra dan Antar Regional Amerika dan Eropa.

Kemudian, istri dari Bagas Marsudi itu menjabat sebagai Direktur Eropa Barat. Retno juga menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Norwegia merangkap Islandia pada 2005 - 2008.

Selesai menduduki pos dubes di Norwegia, Retno Marsudi kembali ke Tanah Air, untuk menjabat sebagai Direktur Jenderal Amerika dan Eropa pada 2008 - 2012. Lalu, alumni UGM itu menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Belanda pada 2012 - 2014.

Belum selesai masa jabatannya sebagai Dubes RI di Belanda, Retno Marsudi diminta 'pulang' oleh Presiden Joko Widodo, yang menunjuknya sebagai Menteri Luar Negeri RI pada 2014 hingga periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi berakhir dan berlanjut ke periode kedua mulai 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.