Sukses

Lahan Parkir Grand Depok City Longsor Akibat Intensitas Hujan Tinggi

Untuk mengangkat puing yang longsor akibat derasnya air kali, telah diturunkan alat berat milik DPUPR.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok sebelumnya sempat menganggarkan perbaikan jembatan di lokasi longsor di Jalan Boulevard GDC, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Namun sebelum perbaikan terealisasi, jembatan tersebut telah longsor. 

Sekretaris DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti mengatakan, DPUPR Kota Depok telah melakukan peninjauan di lokasi jembatan dan halaman parkir pertokoan GDC yang longsor.

Untuk mengangkat puing yang longsor akibat derasnya air kali, telah diturunkan alat berat milik DPUPR. 

"Kami sedang menata kembali lokasi longsor di GDC," ujar Citra, Selasa (13/4/2021).

Dia menjelaskan, sebelumnya DPUPR Kota Depok telah menganggarkan untuk memperbaiki jembatan yang dibangun sekitar 1980. Namun, karena pandemi Covid-19, perbaikan jembatan tersebut dialihkan untuk menangani pembangunan yang lebih darurat 

"Sudah dianggarkan. Mungkin karena dananya untuk penanganan Covid-19 jadi masih terkendala," kata Citra. 

Citra mengungkapkan, kondisi jembatan di aliran kali pada awalnya dibangun pihak pengembang GDC. karena termakan usia, jembatan diperkirakan sudah tidak dapat menahan beban berat jalanan, sementara air terus menggerus tanah di sekitar lahan parkir pertokoan. 

"Karena intensitas hujan sedang tinggi jadi debit air sangat deras sehingga menggerus tanah di pertokoan dan jembatan," jelasnya.  

Untuk mencegah terjadinya longsor susulan, lanjut Citra, DPUPR Kota Depok telah berkoordinasi dengan Dishub Kota Depok untuk pengaturan kendaraan yang melintas di dekat longsor.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Perbaikan

Jalan Boulevard yang memiliki dua ruas, untuk sementara yang berada di dekat lokasi longsor ditutup dan kendaraan dialihkan menggunakan ruas jalan lain. 

"Jadi ruas jalan dari GDC menuju Pasar Pucung ditutup sementara digabungkan dengan ruas dari arah Pasar Pucung menuju GDC. Namun, tidak terlalu jauh penggunaan satu ruasnya," kata Citra.

Citra menuturkan, untuk memperbaiki jembatan dan lokasi longsor, pihak DPUPR Kota Depok sedang mengusulkan melalui Biaya Tidak Terduga (BTT) terkait bencana alam.

Terkait hal ini, DPUPR Kota Depok meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana longsor dan banjir karena hujan di wilayahnya masih sering terjadi. 

"Kami minta masyarakat tetap waspada khususnya yang tinggal di lokasi rawan banjir dan longsor," pungkas Citra. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.