Sukses

Menko Perekonomian Resmikan Masjid Jami Tine Tang di Gerbang Tol Sentul

Masjid Tine Tang merupakan bagian dari Masjid Babah Alun yang diinisiasi oleh Jusuf Hamka.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan Masjid Jami Tine Tang yang berlokasi di samping Gerbang Tol Sentul Barat, Bogor, Jawa Barat. Masjid bergaya oriental ini merupakan bagian dari bangunan PT Marga Sarana Jabar (MSJ) pengelola Tol Bogor Ring Road. 

Dalam sambutan Menko Airlangga menyampaikan, pihaknya sangat mendukung pembangunan masjid ini. 

"Kami mengharapkan setiap pembangunan masjid memiliki fasilitas UMKM untuk mengangkat perekonomian di wilayah tersebut," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis, (8/4/2021).

Masjid Tine Tang merupakan bagian dari Masjid Babah Alun yang diinisiasi oleh Jusuf Hamka. Dia menyampaikan, ini merupakan masjid ke 4 yang dibangun dengan total bangunan berukuran 523.2 m2 bergaya oriental negeri tirai bambu yang dibangun di wilayah tol yang tergabung dalam CMNP Group. 

Sebelumnya Jusuf Hamka telah membangun tiga masjid Babah Alun yang berada di Jalan tol yaitu Masjid Babah Alun Papanggo di kolong tol, Masjid Babah Alun AGP di depan pintu carnaval Ancol dan Masjid Babah Alun Desari di sebelah pintu tol Cilandak Utama.

Jusuf Hamka menyampaikan alasanya membangun masjid bergaya Tionghoa.

"Saya membangun masjid dengan arsitektur Tionghoa sebagai syiar Islam sekaligus wisata religi" ucap Jusuf. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna Nama Tine Tang

Jusuf Hamka menjelaskan, Tine Tang diambil dari nama orang tua Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto selaku donatur pembangunan Masjid ini. Tine merupakan nama panggilan dari Ibu dan Tang merupakan nama dari Ayahnya, sedangkan Tiantang dalam bahasa China artinya adalah Pintu Surga.

Jusuf Hamka menerangkan, Masjid Jami Tine Tang mampu menampung 125 jamaah namun di saat pandemi Covid-19 jumlahnya dibatasi menjadi 65 jamaah.

Dalam kesempatan itu, Jusuf Hamka mengajak masyarakat untuk menyisihkan harta untuk terus bersedekah.

"Kelak harta yang kamu makan akan jadi kotoran, harta yang kamu simpan akan jadi rebutan dan warisan, tapi harta yang kamu sedekahkan insya Allah akan menjadi tabungan kekal di akhirat nanti," ujar Jusuf.

Acara peresmian Masjid Tine Tang juga dihadiri oleh Kepala BPJT Danang Parikesit, Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Dedi Krisnariawan Sunoto dan Direktur Keuangan & Umum Jusuf Hamka, serta Pemegang Saham PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.