Sukses

5 Fakta Aksi Pengemudi Fortuner Berlagak Koboi Jalanan di Duren Sawit

Belakangan diketahui, aksi koboi-nya berawal saat pengemudi Fortuner berinisial MFA terlibat kecelakaan dengan menyenggol pengendara motor lain.

Liputan6.com, Jakarta Aksi pengemudi Toyota Fortuner yang mengacungkan senjata bak koboi jalanan di Duren Sawit, Jakarta Timur, viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, sambil memegang senjata, pengemudi mobil bernomor polisi B 1673 tersebut nampak meninggikan suaranya pada pengendara lain.

"Gua jalan aja. Gua jalan aja yeeh," kata pengemudi Fortuner sambil menunjukkan pistol.

Belakangan diketahui, aksi koboi-nya berawal saat pengemudi Fortuner berinisial MFA terlibat kecelakaan dengan menyenggol pengendara motor lain. 

Saat ini MFA telah diamankan dan telah menjalani pemeriksaan di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Polisi hingga kini belum menetapkannya sebagai tersangka atas aksi koboi yang dilakukan di perempatan lampu merah Jalan Baladewa, Duren Sawit, Jaktim, Jumat dini hari, 2 April kemarin.

Berikut deretan fakta aksi pengemudi Toyota Fortuner berlagak bak koboi jalanan di kawasan Duren Sawit sambil mengacungkan pistol ke pengendara lain:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Viral

Rekaman berdurasi satu menit itu mempelihatkan pengemudi Toyota Fortuner terlibat cekcok dengan pengendara lain.

Dalam video yang beredar terlihat jelas pengemudi berkacamata memegang pistol sambil meninggikan suara ke lawan bicaranya.

Aksi pengemudi itu menyedot para pengguna jalan lain. Mereka sebagian besar mengecam tingkah pengemudi Toyota Fortuner yang dinilai bersikap arogan.

"Gila, gila, cabut, cabut ini gua catat ya pelat nomornya. Bawa pistol, viralin, viralin," kata seorang pria seperti yang terdengar di rekam video.

Aksinya tersebut sontak menyedot perhatian pengendara lain, salah satunya pengemudi ojek online. 

Pengemudi ojol itu lalu mengabadikan sikap arogan pengemudi Toyota Fortuner dengan kamera ponsel. Rekaman video itupun viral di media sosial.

"Ada beberapa masyarakat, baik itu ojek online yang coba membantu wanita tersebut dan berhentikan kendaraan. Setelah itu kendaraan melaju pergi meninggalkan korban. Dan sempat ada satu masyarakat yang memvideokan, inilah yang kemudian viral di media sosial," jelas Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komusaris Besar Yusri Yunus, Jumat, 2 April 2021.

3 dari 6 halaman

2. Pelaku Diamankan di Parkiran Mal Jakarta Selatan

Ditlantas Polda Metro Jaya bersama dengan Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengusut pengemudi mobil yang berlaga bak koboi di Jalan Duren Sawit, Jakarta Timur. Identitas pengemudi diketahui berinisial MFA.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan, Jatanras Polda Metro Jaya berhasil menemukan pengemudi Toyota Fortuner B 1673 tersebut. 

Hasil penyelidikan, pengemudi tinggal di Jalan Patal Senayan, Jakarta Selatan. Namun, Yusri menyebut saat itu pengemudi tidak berada di rumah.

"Tim kemudian mendata kemudian mengetahui kendaraan tersebut beralamat di Jakarta Selatan, Patal Senayan kemudian bergerak ke sana melakukan pengejaran pelaku terhadap pelakunya dan pada saat sampai di kediaman, memang sang sopir yang mengeluarkan senpi tersebut tidak ditemukan," kata Yusri saat konferensi pers, Jumat, 2 April. 

Saat diamankan petugas, pengemudi bersembunyi di sebuah parkiran mal di kawasan Jakarta Selatan. Informasi itu diterima oleh aparat kepolisian setelah meminta keterangan orangtua pelaku koboi jalanan itu.

"Tetapi melalui orangtua, berhasil kita ketahui di mana posisi dari mana yang bersangkutan. Yang bersangkutan kita amankan di salah satu parkiran mal di Jakarta Selatan," ujar dia.

4 dari 6 halaman

3. Bergaya Koboi setelah Senggol Motor Pengendara Wanita

Perselisihan antara MFA dengan pengguna jalan lain berawal dari kecelakaan yang terjadi di Jalan Kolonel Sugiono pada Jumat 2 April 2021, sekitar pukul 01.00 WIB. Saat itu, MFA mengendarai Toyota Fortuner dengan pelat nomor B1673.

"Yang bersangkutan melintas di perempatan jalan dengan kondisi traffic light merah, kemudian sempat menyenggol satu sepeda motor yang ditumpangi seorang wanita," kata dia saat konferensi pers, Jumat, 2 April 2021. 

Saat itu, MFA bukannya mengaku bersalah dan minta maaf, dia malah emosi. Bahkan sampai menunjukkan pistol ke hadapan pengguna jalan.

"Yang terjadi setelah itu adalah yang bersangkutan dari dalam mobil marah-marah dan keluarkan senjata api," ujar Yusri Yunus. 

5 dari 6 halaman

4. Gunakan Airsoft Gun Saat Bergaya Koboi

Saat dilakukan pemeriksaan, salah satu yang digali adalah terkait kepemilikan pistol. 

"Kami masih dalami kenapa yang bersangkutan membawa pistol tersebut," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi, Jumat, 2 April kemarin.

Yusri memastikan jenis pistol yang dibawa untuk bergaya koboi adalah airsoft gun. "Iya airsoft gun," ujar dia.

6 dari 6 halaman

5. Pengemudi Fortuner Seorang Wiraswasta

Sosok pengemudi Toyota Fortuner yang bergaya layaknya koboi jalanan akhirnya terungkap. Pelaku ternyata seorang wiraswasta.

"Pekerjaan pelaku adalah wiraswasta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta Pusat, Jumat, 2 April 2021.

Dari rekaman video yang viral, akhirnya polisi berhasil mengungkap identitas pelaku. MFA tinggal di Jalan Patal Senayan, Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.