Sukses

Polisi Bekuk Penjambret yang Kerap Beraksi di Jakarta Barat

Ali menerangkan, wajah pelaku penjambretan teridentifikasi setelah penyidik mempelajari rekaman CCTV.

Liputan6.com, Jakarta - Unit Reserse Kriminal Polsek Metro Taman Sari mengungkap kasus penjambretan yang terjadi di Jalan Harum Manis Nomor 40 RT 04/02 Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. Korbannya adalah seorang nenek Tan Siat Mie (63).

Akibat penjambretan, telepon genggam dan dompet berisi uang ratusan ribu raib digondol.

Kanit Reskrim Polsek Metro Taman Sari Polres Metro Jakarta Barat AKP Lalu Mesti Ali menerangkan, pelakunya adalah ZN alias Udin. Dia diringkus saat hendak beraksi dengan modus serupa di kawasan Tamansari Jakarta Barat.

"Pelaku adalah spesialis jambret yang telah melakukan aksi penjambretan di beberapa tempat. Pelaku ZN alias Udin tak berkutik saat anggota melakukan penangkapan terhadap pelaku di sebuah kawasan di Tamansari Jakarta Barat," kata Lalu Mesti Ali dalam keterangan tertulis, Rabu (24/3/2021).

Ali menerangkan, wajah pelaku teridentifikasi setelah penyidik mempelajari rekaman CCTV. Saat itu, anggota menemukan ada seorang dengan ciri-ciri yang sama sedang berada di Tamansari.

"Kami lalu melakukan penyergapan terhadap pelaku. Kami duga pelaku sedang menunggu korban lainnya," ujar dia.

Ali menyampaikan, pelaku tak bisa lagi mengelak usai penyidik menunjukkan tangkapan layar dari rekaman CCTV. "Di sana terlihat pelaku memiliki tato di bagian leher dan punggung yang serupa dengan hasil dari rekaman CCTV yang kami peroleh," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beraksi Belasan Kali

Hasil pemeriksaan sementara diketahui pelaku sudah beraksi belasan kali. Di antaranya di Glodok, Jalan Harum Manis, Karang Anyar, Mangga Besar, Pademangan, Gang Kancil, Gunung Sahari, Rajawali, Tamansari, Lokasari, dan Olimo Jakarta Barat.

Guna kepentingan penyidikan lebih lanjut, pelaku penjambretan tersebut dibawa ke Polsek Metro Tamansari.

Aksi kawanan jambret menyasar pejalan kaki di sebuah gang viral di media sosial. Dalam rekaman video berdurasi 30 detik terlihat tiga orang pelaku yang mengendarai sepeda motor melaju di sebuah gang.

Di saat bersamaan, terlihat seorang wanita dengan meneteng tas hitam dan kantong plastik berjalan kaki dari arah berlawanan.

Tiba-tiba salah satu pelaku menarik tas hitam yang dibawa wanita itu hingga membuatnya terjungkal ke aspal. Sementara para pelaku terus tancap gas meninggalkan korban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.