Sukses

Mengenal Lebih Peran Geolog untuk Mempelajari Energi Panas Bumi

Pada suatu hari terdapat beberapa peneliti yang mengamati batu – batu yang ada di sekitar gunung berapi. Peneliti itu terdiri dari 3 orang. Mereka meneliti beberapa batu dari bentuk batu, rongga batu sampai panas batu yang ada di sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Pada suatu hari terdapat beberapa peneliti yang mengamati batu – batu yang ada di sekitar gunung berapi. Peneliti itu terdiri dari 3 orang. Mereka meneliti beberapa batu dari bentuk batu, rongga batu sampai panas batu yang ada di sekitarnya.

Sampai suatu ketika, sekelompok itu menemukan sebuah batu dengan ciri-ciri yang diinginkan. Akhirnya mereka menemukan sumber panas bumi yang bisa dimanfaatkan untuk energi terbaru. Nah, peneliti itu disebut dengan Geolog.

Lantas apa yang dipelajari oleh Geolog?

Geolog adalah seseorang yang mengamati dan mempelajari struktur bumi untuk mendapatkan energi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya adalah panas bumi.

Perlu diketahui, panas bumi merupakan energi yang berasal dari panas bumi. Energi ini terbentuk karena adanya panas yang tersimpan pada bumi.

Dipermukaan bumi sistem geotermal dicairkan oleh munculnya mata air panas, fumarol atau lubang pada kulit bumi yang mengeluarkan uap dan gas tanah berupa dan batu – batuan yang berubah dan beraksi oleh air panas.

Dengan begitu, manusia bisa memanfaatkan energi panas bumi untuk menjalankan aktivitas sehati. Namun, bagaimana ya kalau tidak ada Geolog? Mungkin kita akan sukar mendapatkan energi terbaru nantinya.

Kalau sudah begitu, sudah tahukan pentingnya mendapatkan energi terbaru dan Geolog.

Untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V, gali pengetahuanmu lainnya dengan menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.