Sukses

Ini Salah Satu Pemanfaatan Energi Matahari

Pemanfaatan energi tenaga surya bisa menghasilkan energi terbarukan. Dengan begitu, energi itu bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari. Seperti yang dilakukan oleh para petani rempah – rempah di daerah Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Pemanfaatan energi tenaga surya bisa menghasilkan energi terbarukan. Dengan begitu, energi itu bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari. Seperti yang dilakukan oleh para petani rempah – rempah di daerah Yogyakarta. 

Tepatnya di Desa Minggir daerah perbukitan Menoreh, Yogyakarta ada banyak petani rempah-rempah. Sejak 2014, petani mengembangkan usaha mereka dengan dibantu oleh pasangan suami istri Andhika Mahardika dan Nurrachma Asri S.

Pasangan tersebut mengajari para petani rempah untuk mengeringkan rempah-rempah yang dihasilkan. Mulai dari Jahe, kunyit, dan temulawak, dengan proses pengeringan rempah – rempah bisa tahan lama.

Dengan proses pengeringan akan berkurang dan perkembangan mikroorganisme yang menyebabkan pembusukan menjadi terhambat.

Cara pengeringannya menggunakan rumah surya pengering rempah-rempah atau Solar Dry House. Proses ini menggunakan energi matahari yang ramah lingkungan. Caranya dengan mengoptimalkan radiasi sinar matahari untuk mengeringkan rempah-rempah yang sudah ditata.

Rumah surya ditutup rapat saat proses pengeringan sehingga suhu bisa mencapai 60 derajat celcius. Selain itu, rumah tersebut bermanfaat untuk melindungi rempah-rempah dari hujan sampai hewan.

Untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V, gali pengetahuanmu lainnya dengan menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini