Sukses

Pemkab Tangerang Targetkan 2.000 Lansia Selesai Divaksinasi Tahap Pertama

Sedari pagi, para lansia yang datang didampingi keluarganya, sudah memenuhi meja antrean pendaftaran ulang, screaning pertama.

Liputan6.com, Jakarta Ratusan lansia di Kabupaten Tangerang, Banten divaksinasi Covid-19 di lobi MaxxBox Lippo Village, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (19/3/2021). Ditargetkan 2.000 lebih Lansia bakal selesai divaksinasi tahap pertama dalam tiga hari kedepan.

Sedari pagi, para lansia yang datang didampingi keluarganya, sudah memenuhi meja antrean pendaftaran ulang, screaning pertama. Lalu, naik ke lantai dua untuk maju ke meja vaksinasi.

Terlihat, ada perlakuan lebih ketat pada tahapan screaning akhir untuk penerima vaksin Covid-19. Seperti pemeriksaan saturasi oksigen, tekanan darah, serta wawancara terkait ada atau tidaknya penyakit penyerta.

"Ada beberapa yang jadi konsentrasi, contoh tekanan darah, keputusan IDI itu maksimal yang diizinkan 180/110. Lalu penyakit penyerta, seperti diabetes akut, auto imun yang belum terkontrol, itu tidak boleh, diminta untuk ke dokter dulu untuk berkonsultasi," tutur Direktur Siloam Hospital Lippo Village, dr Jeffry Oeswadi, Jumat (19/3/2021).

Untuk hari ini, lanjutnya, target utama dihari ini sebanyak 500 orang lansia. Lalu dilanjutkan hingga tiga hari ke depan, hingga akhirnya memenuhi kuota 2.000 lansia ber-KTP Kabupaten Tangerang.

"Sesuai dengan target pemerintah pusat, bila saat ini yang menerima vaksin adalah lansia, jadi kami bantu untuk sukseskan tersebut,"kata dr Jeffry.

Sementara, layanan vaksinasi yang digelar di MaxxBox Lippo Village kali ini didukung oleh Siloam Hospitals Group yang menyediakan tenaga medis vaksinasi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mempercepat Vaksinasi

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan, bila vaksinasi yang dikerjasamakan dengan pihak swasta seperti Siloam Hospital ini, salah satu caranya untuk mempercepat vaksinasi di wilayahnya. Termasuk mewujudkan 1 juta vaksinasi per hari, sesuai dengan program Presiden Jokowi.

"Kerjasama ini salah satu cara pemerintah pusat, selain kerjasama dengan pihak swasta, Pemda juga menyalurkannya ke Faskes terdekat. Seperti puskesmas dan rumah sakit swasta," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.