Sukses

Calon Peserta UTBK-SBMPTN 2021 Pemegang KIP Kuliah Diminta Tak Bayar Pendaftaran

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menginformasikan, jika calon peserta UTBK SBMPTN 2021 pemegang KIP Kuliah mengalami kendala nomor tidak muncul saat melakukan pendaftaran, dan justru muncul slip pembayaran, maka diminta tidak melanjutkan pendaftaran ataupun melakukan pembayaran.

Calon peserta UTBK SBMPTN diimbau segera melapor ke pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Segera lapor ke Puslapdik melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id," tulis akun Instagram LTMPT, Kamis (18/3/2021).

Di laman tersebut, calon peserta diminta login untuk mendaftar dan pastikan nomor pendaftaran KIP Kuliah sudah muncul.

"Jika siswa sudah terlanjur membayar biaya pendaftaran, maka biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun, tetapi status sebagai Pemegang Nomor Pendaftaran KIP Kuliah masih tetap berlaku," terang LTMPT.

Untuk informasi lain seputar KIP Kuliah, calon peserta dapat langsung menghubungi Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbud pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui media sosial @puslapdik_dikbud.

2 dari 3 halaman

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 15 Maret-1 April 2021

LTMPT resmi membuka pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 sejak Senin, 15 Maret 2021. Pendaftaran akan berlangsung selama 17 hari, terhitung sampai 1 April 2021.

Sementara itu, pelaksanaan UTBK 2021 akan digelar dalam dua gelombang. Gelombang perdana pada 12-18 April, sedangkan gelombang kedua pada 26 April hingga 2 Mei 2021.

UTBK-SBMPTN 2021 merupakan salah satu dari dua seleksi masuk PTN yang dihelat LTMPT.

Sebelumnya LTMPT sudah menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 yang ditentukan dari nilai rapor dan prestasi peserta. Berbeda dengan UTBK-SBMPTN yang bisa mengakomodasi peserta dari lulusan SMA tahun 2019 dan 2020, SNMPTN hanya mengizinkan lulusan SMA tahun 2021.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: