Sukses

Antisipasi Banjir, Dinas SDA Jakarta Target Buat 300 Ribu Sumur Resapan

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah membangun ribuan sumur resapan di 777 lokasi di Ibu Kota. Jumlah tersebut telah dibangun pada tahun 2020. Sumur resapan itu dibangun di kawasan aset milik Pemprov DKI Jakarta, seperti halnya di kantor kecamatan.

"Kalau SDA sendiri kemarin di 2020 sudah sampai 2.974 sumur resapan," kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (22/2/2021).

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022, Pemprov DKI Jakarta harus menyediakan 1,8 juta titik sumur resapan. Menurut Juaini, jumlah tersebut dibagi oleh semua SKPD.

Pihaknya menargetkan pembangunan 300 ribu titik sumur resapan pada tahun 2021-2022.

"Kemarin kenapa lambat karena vendornya cuma dua. Nah, sekarang lagi diproses vendornya itu 100 vendor ya. Kita harapkan banyaknya vendor, jadi yang kerja banyak sehingga program kita bisa cepat kita jalankan," ujar dia.

Selain itu, Juaini menyatakan sumur resapan efektif menangani genangan air di lokasi dengan curah hujan tinggi.

"Sangat efektif, seperti di depan Kantor Kecamatan Jatinegara itu biasa ada genangan di badan jalan, itu hilang itu lari ke sumur resapan itu," jelas Juaini.

 

2 dari 3 halaman

DPRD DKI Minta Segera Diselesaikan

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah meminta agar pembuatan sumur resapan di Jakarta dapat segera selesai. Hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya banjir di Ibu Kota.

"SDA segera koordinasi dengan dinas lain agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Ini untuk dikerjakan agar rakyat bisa merasakan pengurangan banjir ada di DKI," jelas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: