Sukses

Siaga Banjir Susulan, Pemkot Tangerang Perbaiki Tanggul Jebol

Pemkot Tangerang memperbaiki sejumlah tanggul jebol akibat banjir yang menerjang pada akhir pekan lalu guna mengantisipasi banjir susulan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatoligi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan akan terjadi cuaca ekstrem pada 23-24 Februari 2021 di sejumlah wilayah Jabodetabek.

Merespons hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pun memperbaiki sejumlah tanggul jebol akibat banjir yang menerjang pada akhir pekan lalu.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menggelar secara virtual bersama dengan sejumlah OPD Pemkot Tangerang guna mengantisipasi terjadinya peluang terburuk yang akan terjadi, termasuk banjir.

"Segera petakan titik-titik kebocoran tanggul dan langsung lakukan penambalan, buat juga penahan air tambahan di sekitar tanggul," ujar Arief saat memimpin rapat koordinasi antisipasi cuaca ekstrem, Senin (22/2/2021).

Dia pun meminta seluruh dinas terkait agar dapat ikut turun tangan membantu percepatan perbaikan tanggul jebol akibat banjir.

"Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Budparman juga digeser untuk bantu prosesnya agar bisa cepat," kata Arief.

Selain itu, dia juga menugaskan jajaran Dinas PU-PR untuk melakukan pengurangan debit air di embung dan tandon agar dapat digunakan sebagai penampungan air sementara saat intensitas curah hujan tinggi.

"Cek juga aliran Sungai Cirarab, pastikan agar alirannya lancar sampai Bendung Sarakan sehingga banjir di area Periuk bisa segera surut," terang Arief.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Warga Tak Panik

Arief juga mengimbau agar masyarakat yang tinggal di area sekitar sungai atau pun di wilayah dataran rendah untuk tidak panik.

Namun, dia meminta tetap waspada dalam mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem mendatang.

"Pemkot masih siagakan Dapur Umum dan petugas kesehatan di dekat-dekat pengungsian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir," jelas Arief.

3 dari 3 halaman

Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.