Sukses

Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-40 Tahun 2023, BRINS Lakukan CSR Hijaukan Bumi Birukan Langit di Hutan Kota Pekanbaru

Dalam rangka melakukan komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungan, PT BRI Asuransi Indonesia (BRINS) melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Lingkungan pada Hari Bakti Rimbawan Hutan Kota Pekanbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka melakukan komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungan, PT BRI Asuransi Indonesia (BRINS) melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Lingkungan pada Hari Bakti Rimbawan Hutan Kota Pekanbaru.

Tema kali ini 'Hijaukan Bumi, Birukan Langit'. CSR tersebut dilakukan di Hutan Kota Pekanbaru pada Minggu 19 Maret 2023.

Bantuan yang diberikan BRINS pada acara CSR ini adalah berupa pembagian sembako, bantuan tempat sampah serta gerobak dorong, dan bibit buah serta bibit tanaman obat.

Dalam acara CSR tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau Mamun Murod menyampaikan agar masyarakat lebih memperhatikan pengelolaan sampah/limbah domestik lingkungan sekitar.

"Masyarakat diimbau untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik dalam kegiatan sehari-hari agar lingkungan lebih terjaga," ujar Mamun yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Kamis (23/3/2023).

Selain itu, Mamun menyampaikan pola 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle untuk dapat ditanamkan, menjadi kepedulian, prilaku dan kebiasaan setiap masyarakat.

"Pertama dengan memilah sampah organik dan anorganik, sehingga dapat dilanjutkan dengan Reuse dan Recycle," jelas Mamun.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar yang juga hadir menyampaikan, tema 'Hijaukan Bumi, Birukan Langit' mengandung arti dari evaluasi apa yang telah kita kerjakan bersama rimbawan.

"Tema ini juga meneguhkan cara pandang rimbawan dan menggali sekaligus mengulangi memori kita disetiap rimbawan, pentingnya kita memperhatikan hutan alam selalu terjaga," jelas Syamsuar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kegiatan CSR yang Dilakukan

Acara tersebut dilanjutkan dengan pembagian bibit tanaman serbaguna kepada beberapa sekolah-sekolah, kelompok bank sampah, penggiat proklim, dan masyarakat umum.

CSR diakhiri dengan pelepasan burung dan penanaman bibit pohon di Hutan Kota, serta peninjauan stand pengolahan sampah organik dan sampah non organik.

BRINS memiliki komitmen untuk terus hadir dalam membantu masyarakat dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang tentunya memiliki harapan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat yang seiring dengan penerapan keuangan berkelanjutan.

 

3 dari 5 halaman

BRINS Lakukan CSR di Padepokan Ciliwung

Sebelumnya, PT BRI Asuransi Indonesia (BRINS) kembali melakukan beragam aksi sebagai wujud komitmen dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Kali ini, BRINS melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tema BRINS Green Action #LindungiCiliwung pada Kamis 2 Maret 2023.

CSR dilakukan di Padepokan Ciliwung, Condet, Jakarta Timur dihadiri langsung oleh Direktur Teknik BRINS Ade Zulfikar, Direktur Operasional BRINS Sony Harsono, dan Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRINS Heri Supriyadi.

"Kepedulian BRINS terkait isu-isu lingkungan tentunya masuk kedalam value perusahaan yaitu ESG (Environmental, social, and governance) yang pada prinsipnya sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan," ujar Direktur Teknik BRINS Ade Zulfikar melalui keterangan tertulis, Kamis 2 Maret 2023.

"Kegiatan yang kami lakukan hari ini merupakan salah satu cara BRINS dalam mendorong value perusahaan untuk turut hadir dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan prinsip People, Planet, & Prosperity," sambung dia.

Kemudian, Ade mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen perusahaan tentang bagaimana BRINS menyelamatkan lingkungan.

"Kegiatan kepedulian lingkungan seperti ini telah menjadi kegiatan regular perusahaan karena telah dilakukan BRINS selama beberapa tahun terakhir seperti kegiatan penanaman Mangrove yang dilakukan di beberapa kota," jelas Ade.

 

4 dari 5 halaman

Ditanggapi Positif

Kegiatan CSR yang dilakukan BRINS mendapat tanggapan positif dari masyarakat sekitar Padepokan Ciliwung Condet dan beberapa pihak lain yang turut hadir pada acara tersebut seperti Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta A. A. Ngurah Wishnu F. F., Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Jakarta Timur Berkah Shadaya, Kepala Bidang Kehutanan Dirja Kusuma, dan pihak Padepokan Ciliwung Condet Ahmad Maulana.

Kepala Sub Baguan Tata Usaha Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Wishnu pun memberikan apresiasi penuh kepada BRINS yang telah memberikan supportnya dengan melakukan kegiatan pelestarian lingkungan padepokan ciliwung condet.

"Semoga kegiatan ini akan memberikan manfaat dan dampak positif yang besar untuk masyarakat khususnya sekitar Padepokan Ciliwung Condet," tegas Wishnu.

Pada program CSR kali ini, BRINS memfokuskan program pada kepedulian lingkungan serta budaya dalam rangka perberdayaan Masyarakat setempat.

 

5 dari 5 halaman

Kegiatan yang Dilakukan

Dalam scope lingkungan, BRINS memberikan beberapa bantuan seperti perahu karet yang dapat digunakan para relawan Padepokan Ciliwung Condet dalam melakukan aksi bersih-bersih di area bantaran dan sekaligus memonitor debit air sungai sekitar, serta dilakukannya penanaman bibit pohon loa dan pohon melinjo yang diharapkan bertumbuh untuk dapat menjaga lingkungan dengan menahan terjadinya abrasi di tepi sungai dan untuk melinjo kedepannya bisa dimanfaatkan hasil panennya untuk produksi emping yang dikelola oleh pengurus padepokan dengan harapan mampu membantu meningkatkan nilai ekonomi Masyarakat setempat.

Relawan Padepokan Ciliwung Condet memiliki keterampilan budaya salah satunya dalam pembuatan batik cap dengan corak khas Betawi. Kepedulian terhadap pelestarian budaya mendorong BRINS memberikan bantuan berupa alat Batik Cap dan pembuatan Kolam Batik sebagai media pewarnaan batik kepada para pengrajin batik di Padepokan Ciliwung Condet.

Bantuan juga diberikan kepada seluruh relawan Padepokan Ciliwung Condet berupa paket sembako sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian dan kerja keras dalam menjaga lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Kedepannya, BRINS berharap kegiatan CSR ini akan memberikan dampak positif dan menambah daya tarik masyarakat dalam pemberdayaan lingkungan dan budaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.