Sukses

Presiden Menganugerahkan Pahlawan Nasional dan Bintang Jasa

Sebanyak 17 orang diberikan gelar Pahlawan Nasional dan bintang tanda jasa karena berjasa pada negara. Gelar Pahlawan Nasional di antaranya diterima Iwa Kusuma Sumantri dan A.H. Nasution.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Megawati Sukarnoputri menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional dan bintang tanda jasa pada 17 orang yang dinilai berjasa pada negara menjelang Hari Pahlawan 10 November. Gelar Pahlawan Nasional di antaranya diberikan pada almarhum Iwa Kusuma Sumantri dan Jenderal Besar TNI Purnawirawan Abdul Haris Nasution. Penganugerahan dilangsungkan di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (8/11).

Untuk Bintang Mahaputra Nararya di antaranya diberikan kepada mertua Megawati, almarhum Tjik Agus Kiemas. Ayah Taufik Kiemas itu dinilai berjasa sebagai tokoh pejuang dan pejabat tinggi di Departemen Perdagangan pada 1960-an. Presiden juga memberikan bintang tanda jasa serupa kepada budayawan almarhum Umar Kayam, Arifin, dan Go Kim Tjoan (Hendra Gunawan). Selain Bintang Mahaputra Nararya, Presiden juga menganugerahkan Bintang Budaya Parama Dharma kepada almarhum Chairil Anwar, Ismail Marzuki, dan Teguh Karya.

Selain nama-nama di atas, mereka yang mendapat penghargaan Pahlawan Nasional adalah almarhum Jenderal TNI Kehormatan Djatikusumo, Andi Djemma, Pong Tiku alias Ne` Baso. Bintang Mahaputra juga diberikan untuk mendiang Muhammad Yusuf Ronodipuro, Masdoel Hak Hamonangan Nasution, Mochtar Prabu Negara, Syamaun Bakri, dan Johanes Abraham Dimara.(DEN/Olivia Rosalia dan Bambang Triyono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini