Sukses

Arus Balik Natal-Tahun Baru, 16 Ribu Penumpang Kereta Tiba di Stasiun Daop 1 Jakarta

Sekitar 15 ribu lebih penumpang KA Jarak Jauh akan tiba di area Daop 1 Jakarta pada arus balik libur Natal dan Tahun Baru pada Senin 4 Januari 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Daerah Operasi 1 Jakarta Eko Purwanto mengatakan, ada 16 ribu penumpang kereta api jarak jauh yang tiba di stasiun area Daop 1 Jakarta pada puncak arus balik libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 pada Minggu (3/1/2021).

"Hari ini (3/1/2021) dan Senin (4/1/2021) menjadi puncak arus balik di wilayah Daop 1 Jakarta. Tercatat, pada Minggu 3 Januari 2020 sekitar 16 ribu pengguna jasa tiba di area Daop 1 Jakarta," kata Eko dalam siaran persnya, Minggu.

Menurut dia, sekitar 15 ribu lebih penumpang KA Jarak Jauh akan tiba di area Daop 1 Jakarta baik di Pasar Senen, Gambir, Stasiun Karawang, Cikampek, Bekasi, dan Jatinegara pada Senin 4 Januar 2021. Diketahui, mereka berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Dari angka tersebut, pada puncak arus balik hari ini terdapat 39 KA yang tiba di Daop 1 Jakarta, di antaranya 22 KA tiba di Stasiun Pasarsenen dan 17 KA di Stasiun Gambir. Sedangkan pada hari Senin (4/1/2020) terdapat 37 KA, di antaranya 21 KA tiba di Stasiun Pasar Senen dan 16 KA di Stasiun Gambir," jelas dia.

Eko memastikan, seluruh penumpang yang berangkat dan datang ke area Daop 1 Jakarta dalam kondisi sehat. Hal ini diyakini Eko berdasarkan berkas rapid antigen dengan hasil negatif yang wajib dimiliki penumpang saat akan berangkat dari dan menuju area Daop 1 Jakarta dengan masa berlaku 3 (tiga) hari.

"Kami juga memeriksaan suhu tubuh sebelum berangkat dan di sepanjang perjalanan KA secara berkala sampai tiba di stasiun akhir untuk memastikan seluruh penumpang memiliki suhu tubuh normal. Hal ini merupakan SOP wajib dilakukan," ungkap Eko.

Sementara itu, hingga Minggu 3 Januari 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta secara total telah memberangkatkan 125.131penumpang Kereta Api (KA) dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Sehat Dilarang Naik Kereta Api

Eko menyampaikan, penumpang yang tidak dapat memenuhi dua syarat protokol kesehatan tersebut, yakni surat rapid antigen dengan hasil negatif dan suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat dilarang melakukan perjalanan kereta api (KA).

"Meski pada masa angkutan Nataru (Natal dan Tahun Baru) jumlah pengguna mengalami peningkatan namun Daop 1 Jakarta memastikan seluruh protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin baik untuk penumpang dan petugas," tegas Eko.

Sementara itu, layanan Rapid Antigen di Area Daop 1 Jakarta, sejak awal layanan tersebut berlangsung pada 21 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021 terdapat sekitar 40 ribu calon pengguna yang melakukan rapid di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Calon pengguna yang mendapatkan hasil positif tidak akan diperkenankan untuk berangkat, adapun biaya tiket akan langsung dikembalikan dengan bantuan petugas.

Selanjutnya, yang bersangkutan akan ditempatkan di area khusus untuk diberikan pengarahan oleh tim dokter agar melanjutkan pemeriksaan ke rumah sakit dan melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan setempat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.