Sukses

JK: Jika 1 Hari 100 Ribu Orang, Butuh 4 Tahun Beri Vaksin Covid-19 Masyarakat Indonesia

Jika mengacu pada tempo vaksinasi di AS, menurut Jusuf Kalla Indonesia baru bisa memvaksinasi 70 persen penduduknya dalam waktu tiga atau empat tahun.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menganggap saat ini akar dari berbagai masalah yang dihadapi bangsa adalah pandemi Covid-19. Vaksinasi nasional menjadi satu dari sekian upaya untuk menanggulangi masalah tersebut.

Kendati begitu, Jusuf Kalla mengingatkan pemerintah soal tempo menjalankan vaksinasi. Pasalnya, berkaca pada vaksinasi yang tengah dijalankan Amerika Serikat (AS), negara itu hanya mampu melakukan vaksinasi 600 ribu orang per minggu.

"Amerika baru saja memulai vaksin Covid-19, dalam seminggu hanya sanggupnya 600 ribu. Berarti sehari hanya sanggup 100 ribu vaksin," kata Jusuf Kalla dalam acara Webinar Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Senin (28/12/2020).

Jika mengacu pada tempo vaksinasi di AS, menurut Jusuf Kalla Indonesia baru bisa memvaksinasi 70 persen penduduknya dalam waktu tiga atau empat tahun.

"Kalau hanya bisa 100 ribu kemampuannya sehari seperti di Amerika, maka itu butuh 3-4 tahun baru selesai. Karena itu vaksinasi Covid-19 kita harus lebih cepat dan lebih banyak. Kalau kita bicara masalah strategis, inilah masalah strategis yang paling penting ke depan untuk mengurangi masalah ekonomi," ucap dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Bekerja Keras

Menurut Jusuf Kalla, jika tempo waktunya ingin dipercepat maka pemerintah harus menargetkan vaksinasi paling tidak 500 ribu sehari. Angka ini dapat mempercepat vaksinasi nasional selama dua tahun.

"Kalau 500 ribu sehari kita ya butuh dua tahun. Jadi masih sampai tahun depan (2022) mesti bekerja keras untuk itu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Vaksin Covid-19