Sukses

6 Hal Terkait Bupati Bogor Ade Yasin Positif Covid-19

Usai terkonfirmasi positif Covid-19, Bupati Bogor Ade Yasin pun melakukan prosedur pemeriksaan medis.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Bogor Ade Yasin terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona Covid-19. Ia pun saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Di tengah padatnya aktivitas yang saya jalani, saya rutin melakukan pemeriksaan reguler dengan swab test. Dan hasil terakhir, saya dinyatakan positif Covid-19," ujar Ade Yasin dalam keterangan tertulis, Rabu (18/11/2020).

Usai terkonfirmasi positif Covid-19, Bupati Bogor Ade Yasin pun melakukan prosedur pemeriksaan medis dengan menggunakan kombinasi teknologi rontgen atau sinar-X dan sistem komputer khusus untuk melihat kondisi paru-paru.

"Barusan diobservasi di RSUD, dirontgen dan CT scan. Alhamdulillah kondisi paru-paru baik, tensi dan saturasi baik," kata dia.

Dikarenakan dirinya merupakan orang yang terinfeksi tanpa gejala atau OTG, maka disarankan dokter untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Berikut 5 hal terkait Bupati Bogor Ade Yasin yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19 dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Terkonfirmasi Positif Usai Lakukan Pemeriksaan Reguler

Bupati Bogor Ade Yasin terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, Ade Yasin tengah menjalani isolasi.

"Di tengah padatnya aktivitas yang saya jalani, saya rutin melakukan pemeriksaan reguler dengan swab test. Dan hasil terakhir, saya dinyatakan positif Covid-19," ujar Ade Yasin dalam keterangan tertulis, Rabu (18/11/2020).

 

3 dari 7 halaman

Pasien Covid-19 OTG dan Isolasi Mandiri di Rumah

Bupati Bogor Ade Yasin mengaku sudah menjalani prosedur pemeriksaan medis dengan menggunakan kombinasi teknologi rontgen atau sinar-X dan sistem komputer khusus untuk melihat kondisi paru-paru.

"Barusan diobservasi di RSUD, dirontgen dan CT scan. Alhamdulillah kondisi paru-paru baik, tensi dan saturasi baik," ujar dia.

Karena dinyatakan tanpa gejala (OTG), politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini disarankan oleh dokter untuk menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Kata dokter lebih aman isolasi mandiri kalau kondisinya seperti ini. Nanti dua hari lagi dicek kembali," terang Ade.

 

4 dari 7 halaman

Sempat Negatif, Namun Setelahnya Demam

Ade mengungkapkan, empat hari lalu dirinya sempat dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani tes usap melalui metode PCR.

"Tapi saya merasakan kalau sore rasanya demam, cuma enggak panas," ujar Ade.

Untuk memastikan kondisi kesehatannya, Bupati Bogor Ade Yasin akhirnya kembali menjalani test swab pada Selasa, 17 November 2020 kemarin dan hasilnya positif Covid-19.

 

5 dari 7 halaman

Sempat Temui Relasi, Minta Dinkes Lakukan Tracing

Sebelum dites usap, Ade Yasin mengaku sempat bertemu dengan sejumlah relasi dari berbagai kalangan. Namun ia belum mengetahui dari siapa dia tertular.

"Karena itu saya minta Dinkes untuk men-tracing kegiatan saya selama tiga hari ke belakang. Karena empat hari lalu masih negatif," terang dia.

 

6 dari 7 halaman

Putri Sulung Positif Covid-19

Selain Ade, virus corona juga menginfeksi anaknya bernama Nadia. Putri sulung Bupati Bogor itu dinyatakan terpapar Covid-19 setelah hasil tes ibunya keluar lebih dulu.

"Ternyata saya tidak sendiri. Hasil swab terakhir, anak perempuan saya juga dinyatakan positif, ini anak saya Nadia," kata Ade Yasin dalam rekaman video berdurasi 1 menit 51 detik yang disebar ke media sosial, Rabu (18/11/20).

Semenjak suaminya meninggal dunia belum lama ini, setiap malam putrinya tidur bersama untuk menemaninya. Karena itu, ia meyakini bahwa Nadia tertular darinya.

"Ini Nadia juga dinyatakan positif karena anak saya sekamar dengan saya, karena memang sepeninggalnya suami saya 50 hari yang lalu anak saya selalu menemani tidur,” terangnya.

Menurut Ade Yasin, seluruh keluarganya termasuk anak-anak laki-lakinya yang satu atap sudah menjalani tes usap dan hasilnya negatif.

"Anak laki-laki saya tetap di ruangannya dan tidak boleh datang ke kamar kami, karena sedang isolasi mandiri," ucapnya.

7 dari 7 halaman

Mohon Doa dan Minta Warga Tetap Patuh Protokol Kesehatan

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu pun meminta dukungan dan doa kepada masyarakat Kabupaten Bogor agar dia segera pulih sehingga bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

"Tak lupa saya pun mendoakan kepada seluruh warga Kabupaten Bogor agar selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari virus Covid-19," kata dia.

Ade mengingatkan masyarakat khususnya di Kabupaten Bogor bahwa Covid-19 bisa menular kepada siapa saja. Karena itu, ia meminta warganya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun

"Perkuat juga daya tahan atau imunitas tubuh kita agar terhindar dari penularan Covid-19," tutup Ade Yasin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.