Sukses

Hingga Tahap Tujuh, Kantor Pos Kulonprogo Sudah Salurkan BST untuk 19.810 KPM

Dana stimulus dari pemerintah pusat melalui Kemensos ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama yang terdapak pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Proses penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) nyaris tak menemui kendala berarti. Dana stimulus dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) ini pun sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama yang terdapak pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Pos (KKP) Kulonprogo, Herwan Agus Susilo merinci, dari tahap satu hingga tujuh, pihaknya sudah menyalurkan BST ke seluruh wilayah Kabupaten Kulonprogo yang terdiri dari 12 kapanewon dan 88 kalurahan.

Adapun dari data 20.002 keluarga penerima bantuan (KPM), Kantor Pos Kulonprogo hingga tahap tujuh ini sudah berhasil menyalurkan BST kepada 19.810 KPM.

"Kami ucapkan terima kasih atas koordinasi yang baik antara kantor pos, pihak pemda, polisi, kodim, dinas sosial, kepala desa, hingga kepala kantor kelurahan di seluruh Kabupaten Kulonprogo atas terlaksananya penyaluran BST ini dengan baik," tutur Herwan.

Sementara itu, salah satu KPM, Mbah Mirah mengaku bersyukur bisa mendapatkan BST. Bantuan ini sangat berarti bagi dirinya yang hidup sebatang kara.

"Terima kasih kepada Kementerian Sosial dan Kantor Pos," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Perpanjang Bansos

Sementara itu, Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara memastikan akan memperpanjang program bantuan sosial (bansos) tunai atau BST bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 hingga 2021.

Juliari menyampaikan, ia telah mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tetap melanjutkan sejumlah program bansos tunai pada kurun waktu Januari-Juni 2021. Tapi khusus untuk bansos tunai yang bersifat reguler, pemerintah disebutnya akan mengalokasikan bantuan tersebut hingga Desember 2021.

"Beberapa program akan langsung kita jalankan juga di Januari 2021. Baik yang sifatnya reguler yaitu PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai), dan juga yang bantuan sosial tunai. Kita akan jalankan di bulan Januari 2021," jelasnya, Rabu (4/11/2020).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19