Sukses

Komisi IX DPR Minta Pemerintah Perkuat Langkah 3T Covid-19

Menurut dia, ketiga hal itu dapat membantu menekan angka kematian pasien akibat Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, meminta pemerintah memperkuat tracing, testing, dan treatment (3T). Menurut dia, ketiga hal itu dapat membantu menekan angka kematian pasien akibat Covid-19.

"3T yang tepat bagi pasien covid-19, baik kategori OTG (orang tanpa gejala), ringan, sedang, berat, dan kritis, dan hal itu juga dapat menekan angka kematian pasien," tulis dia dalam keterangan pers diterima, Senin (28/9/2020).

Soal treatment, lanjut dia, semakin baik yang terjadi di lapangan maka bisa berdampak juga pada persentase tingkat kematian. Dia mencontohkan, treatment dilakUkan bisa dengan penggunaan obat sesuai kondisi pasien, tentunya juga fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang baik.

"Perlu juga penguatan psikologis pasien covid-19, baik dari tenaga kesehatan, keluarga, dan lingkungan dekat," imbuh dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkoordinasi dengan KPCPEN

Melki menambahkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah berkoordinasi dengan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), soal ketersediaan fasilitas kesehatan agar penanganan pasien Corona bisa lebih baik dengan menambah tempat tidur, ruang isolasi, dan tenaga medis.

"Terus menambah tempat tidur ICU dan isolasi dan tenaga kesehatan ini diharap pertambahan pasien mampu ditangani dengan baik," Melki menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.