Sukses

Jelang Musim Hujan, Ini yang Dilakukan Pemprov DKI Jakarta

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta melakukan program grebek lumpur atau pengerukan waduk, danau, hingga sungai di Ibu Kota saat pandemi virus corona atau Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta melakukan program grebek lumpur atau pengerukan waduk, danau, hingga sungai di Ibu Kota saat pandemi virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut upaya untuk mengantisipasi adanya banjir saat musim hujan di Jakarta.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini Yusuf menyatakan, untuk fase pertama kegiatan tersebut dilakukan di Waduk Ria Rio, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

"Kegiatan ini untuk membantu mengurangi proses pendangkalan dengan mengerahkan alat berat berskala hingga tiga kali lipat dari kapasitas biasanya," kata Juaini dalam keterangan tertulis, Senin (21/9/2020).

Dia menjelaskan kegiatan pengerukan sebenarnya telah dilakukan sejak Maret. Karena hal itu, Juaini mengharapkan program grebek lumpur dapat mencegah banjir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilakukan Secara Masif.

Dia menuturkan, rencananya program ini akan dilakukan secara masif, mulai dari saluran air hingga waduk.

"Mulai dari saluran mikro, saluran makro, kali-kali PHB, kali-kali besar maupun waduk. Ini kita lakukan untuk mencegah atau pun mengurangi adanya genangan nanti di musim hujan," ucapnya.

Sementara itu, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal menyatakan pelaksanaan program grebek lumpur dilaksanakan berdasarkan protokol kesehatan.

"Para personel yang hadir wajib melakukan 3 M, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan secara rutin di tempat yang telah disediakan," jelas Yusmada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.