Sukses

Kasus Covid-19 di Bekasi Meningkat, Polisi Rutin Kampanye Masker

Di lokasi, petugas masih mendapati banyak pedagang dan pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker.

Liputan6.com, Jakarta - Bekasi Jajaran Polres Metro Bekasi rutin mengampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat, seiring meningkatnya angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Giat ini demi meningkatkan kembali kesadaran masyarakat dan memutus mata rantai penyebaran virus.

Di antaranya ada Polsek Tarumajaya yang mengampanyekan penggunaan masker di pasar tradisional Kampung Bojong Baru, Desa Pantai Makmur, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Puluhan aparat di lokasi memberikan imbauan kepada pedagang, pengunjung pasar, serta warga sekitar agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Selain kampanye, kita juga melakukan teguran dan pemberian masker kepada pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker," kata Kapolsek Tarumajaya, AKP Yudho Anto Hutri, Sabtu (12/9/2020).

Di lokasi, petugas masih mendapati banyak pedagang dan pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker. Hal ini mencerminkan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya Covid-19, mengingat Kabupaten Bekasi yang kembali berstatus zona merah.

"Kami mengingatkan pembeli dan masyarakat untuk selalu patuhi protokol kesehatan agar bisa mengurangi penyebaran Covid-19," ujar Yudho.

Kampanye masker juga digelar Polsek Cibarusah di sejumlah perbatasan, yakni perbatasan Kabupaten Bekasi-Bogor dan Kabupaten Bekasi-Karawang. Kampanye dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Polsek Cibarusah memiliki dua wilayah perbatasan, Kecamatan Cibarusah dan Bojong Mangu. Makanya kami melakukan kampanye masker di dua daerah perbatasan tersebut," kata Kaposlek Cibarusah AKP Sukarman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edukasi ke Pengguna Jalan

Ia menjelaskan, para pengguna jalan yang kedapatan tidak menggunakan masker, akan dihentikan oleh petugas di lokasi. Sambil memberikan masker, petugas mengedukasi para pengguna jalan agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, petugas juga melakukan woro-woro keliling wilayah untuk mendisiplinkan masyarakat di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), demi menekan laju penyebaran virus Corona.

Kampanye yang digelar secara rutin ini diharapkan dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Bekasi. Petugas juga menggandeng Muspika dan sejumlah organisasi masyarakat untuk lebih mengoptimalkan sosialisasi.

"Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu mendisiplinkan diri agar tidak terjangkit virus Covid-19," pungkas Sukarman.

(Bam Sinulingga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.