Sukses

Kronologi Tank Tabrak Motor dan Gerobak di Bandung yang Viral

Sebelum kecelakaan, tank keluar dari daerah latihan usai mengikuti latihan uji siap tempur. Begini kronologi selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tank milik TNI AD menghantam sepeda motor dan gerobak yang terparkir di pinggir jalan, di Kampung Pakemitan RT 01 RW 12 Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Kecelakan ini diabadikan oleh warga. Video rekamannya pun viral di media sosial.

Kapendam III/Siliwangi Kolonel (Inf) FX Sri Wellyanto Kasih menjelaskan, sebelum kecelakaan, tank keluar dari daerah latihan usai mengikuti latihan uji siap tempur tingkat kompi (UST).

"Mau keluar dari daerah latihan," kata Wellyanto saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Wellyanto mengaku belum mengetahui penyebab tank kehilangan kendali. Dia mengatakan, Polisi Militer (POM) TNI sudah turun tangan menyelidiki.

"Masih dalam penyelidikan oleh pihak Pomdam III/Siliwangi," ucap Wellyanto.

Pada rekaman video berdurasi 19 detik memperlihatkan dua tank keluar dari Gapura yang bertuliskan PLTA Saguling. Satu tank di antaranya tiba-tiba kehilangan kendali sewaktu berbelok ke arah barat. Tank pun menabrak gerobak dan sepeda motor.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengemudi Diperiksa

Wellyanto mengatakan, POM telah memeriksa pengemudi tank. POM masih menyelidiki penyebab peristiwa itu human error atau teknis kendaraan.

"Betul pengemudinya sudah diperiksa. Tim sedang turun. Kita masih menunggu penyidikan dari pihak POM, apakah itu human error atau mungkin masalah teknis," ujar Wellyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.