Sukses

Viral Tank Tergelincir hingga Lindas Motor dan Gerobak, Ini Penjelasan TNI AD

Sebuah video yang memperlihatkan satu unit tank menabrak sejumlah sepeda motor dan sebuah gerobak, viral di sosial media.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang memperlihatkan satu unit tank menabrak sejumlah sepeda motor dan sebuah gerobak, viral di sosial media. Video tersebut berdurasi 19 detik.

Kapendam III/Siliwangi Kolonel (Inf) FX Sri Wellyanto Kasih membenarkan hal tersebut.

"Benar kehadirannya kecelakaan rampur tank, dari batalyon kavaleri 4 yang sedang melaksanakan latihan UST (ujian tempur tingkat kompi) mulai dari tanggal 8 September," ujar Wellyanto dalam siaran persnya, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Menurut dia, tank menabrak sepeda motor dan gerobak saat berbelok kiri untuk keluar markas. Saat berbelok itulah, tank tergelincir semakin ke kiri.

Dia mengatakan, polisi militer (POM) tengah turun tangan. POM turun ke tempat kejadian perkara untuk melakukan penyelidikan.

"POM sedang turun ke TKP untuk melaksanakan penyidikan," kata Wellyanto.

Menurut dia, ada empat sepeda motor yang ditabrak tank tersebut. Namun, dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Untuk korban beberapa motor, empat motor, dan gerobak tahu penjual tidak ada korban jiwa. Hanya materiil saja sudah ditangani oleh danyon (komandan batalyon) sudah berkoordinasi musyawarah dan sudah dilaksanakan atau dilakukan ganti rugi," ujar Wellyanto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab

Wellyanto mengatakan, POM telah memeriksa pengemudi tank. POM masih menyelidiki penyebab peristiwa itu human error atau teknis kendaraan.

"Betul pengemudinya sudah diperiksa. Tim sedang turun. Kita masih menunggu penyidikan dari pihak POM, apakah itu human error atau mungkin masalah teknis," ujar Wellyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.