Sukses

Ma'ruf: Pancasila Terbukti Mampu Jaga Kerukunan Seluruh Bangsa

Ma'ruf mengatakan, menjaga Pancasila harus dipahami secara komprehensif dan utuh, sebagaimana dirumuskan dan dipahami oleh para pendiri bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara yang telah menjadi kesepakatan para pendiri bangsa. Namun implementasinya, keragaman suku, budaya dan agama yang ada di Indonesia terkadang menimbulkan perbedaan pandangan.

"Untuk mencegah hal tersebut, nilai-nilai yang terkandung di dalam agama dan Pancasila harus dapat dipahami secara menyeluruh, demi kerukunan bangsa," kata Ma'ruf pada acara Simposium Nasional dengan tema 'Studi dan Relasi Lintas Agama Berparadigma Pancasila (SIGMA Pancasila)' melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Kamis (10/09/2020).

Ma'ruf melanjutkan, menjaga Pancasila harus dipahami secara komprehensif dan utuh, sebagaimana dirumuskan dan dipahami oleh para pendiri bangsa. Sebab, Pancasila tidak boleh didorong ke arah sekularisme, liberalisme, atau komunisme.

"Kita harus mampu menangkal berkembangnya paham-paham yang mengancam Pancasila, karena Pancasila sudah terbukti mampu menjaga kerukunan seluruh bangsa," kata Ma'ruf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemahaman Pancasila

Ma'ruf berharap, pemahaman Pancasila perlu diiringi dengan upaya mewujudkan kehidupan yang rukun dan harmonis antar umat beragama.

"Persatuan nasional merupakan prasyarat bagi terwujudnya stabilitas nasional, stabilitas nasional merupakan prasyarat bagi kelancaran dan keberhasilan pembangunan nasional," tandas Ma'ruf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.