Sukses

Satgas Sebut Angka Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Lampaui Rata-Rata Global

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, angka kesembuhan pasien Corona di Tanah Air lebih tinggi daripada rata-rata dunia. Dia menuturkan, persentase kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia mencapai 68,3 persen.

"Kasus sembuhnya di dunia adalah 67,76 persen, di Indonesia 68,3 persen. Jadi, kita sudah melampaui kesembuhan rata-rata di dunia," jelas Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, Kamis (20/8/2020).

Adapun jumlah pasien Covid-19 yang sembuh di Indonesia hingga kini mencapai 100.674 orang. Mereka dinyatakan negatif virus corona setelah menjalani dua kali pemeriksaan melalui metode polymerase chain reaction (PCR).

Selain itu, Wiku mengungkap, jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia tercatat 40.119 atau 27,2 persen per Kamis hari ini. Sementara total kasus corona di Tanah Air yakni, 147.211 orang, sejak Maret 2020 lalu.

"Kalau kita lihat standar yang ada di dunia, rata-rata pada saat ini kasus aktif adalah 28,7% berarti Indonesia satu-satunya lebih rendah dari kasus dunia," tutur dia.

"Yang dimaksud kasus aktif adalah jumlah kasus positif Covid-19 yang sedang dalam perawatan atau isolasi mandiri dibagi dengan jumlah kasus kumulatif di wilayahnya masing-masing," sambung Wiku.

 

2 dari 3 halaman

Angka Kematian Masih Tinggi

Meski begitu, persentase atau angka kematian Covid-19 di Indonesia masih tinggi dibandingkan rata-rata dunia. Hanya ada 21 provinsi yang angka kematiannya rendah.

"Persentase kematian secara nasional kita 4,44 persen dan dunia adalah 3,5 persen, (Indonesia) di atas rata-rata dunia," jelas Wiku.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: