Sukses

55 Orang di NTT Meninggal Dunia Akibat DBD

Pemerintah Nusa Tenggara Timur mencatat ada 55 warganya meninggal dunia akibat menderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) selama periode Januari hingga Juni 2020 .

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Nusa Tenggara Timur mencatat ada 55 warganya meninggal dunia akibat menderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) selama periode Januari hingga Juni 2020 .

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat mengatakan, penyakit DBD yang melanda NTT selama periode Januari hingga Juni 2020 mengakibatkan 5.482 orang terpapar penyakit DBD.

Menurut dia ada tiga daerah di provinsi berbasis kepulauan ini yang terparah dengan kasus DBD dengan jumlah kasus kematian yang banyak sehingga ditetapkan sebagai kejadian luar biasa.

"Tiga daerah dengan kasus kematian terbanyak, yaitu Kabupaten Sikka, Lembata dan Kabupaten Alor," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (15/8/2020).

Pemerintah NTT, kata Viktor sangat bersyukur karena melalui kerja sama penanganan antara pemerintah dan masyarakat, sehingga kasus DBD dapat diatasi dan status KLB di tiga kabupaten tersebut telah dicabut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

DBD Terjadi Sepanjang Tahun

Kendati demikian tambah Viktor, perlu menjadi perhatian dan pembelajaran bersama bahwa karakter DBD sudah berubah seiring perubahan iklim, di mana kasus DBD tidak bersifat musiman hanya pada bulan Oktober-Desember tetapi dapat terjadi sepanjang tahun.

Dengan demikian tambah Viktor tindakan pemberantasan DBD ini harus tetap kita laksanakan secara masif dan terus-menerus dengan meningkatkan kepedulian dalam menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih dalam memberantas sarang nyamuk demam berdarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demam berdarah dengue atau disingkat DBD, atau disebut juga demam dengue/demam berdarah, adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    DBD

  • NTT