Sukses

Gotong Royong Lawan Pandemi, Pekerja Pertamina Kini Jadi Covid Ranger

Pandemi Covid-19 yang terus meluas mendorong Pertamina membuat sebuah gerakan gotong royong yang melibatkan seluruh pekerja, mitra kerja, dan keluarganya.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang terus meluas mendorong Pertamina membuat sebuah gerakan gotong royong yang melibatkan seluruh pekerja, mitra kerja, dan keluarganya. Diinisiasi oleh jajaran Direksi, Perusahaan dengan jumlah pekerja hingga lebih dari 33.000 orang (Pertamina Grup) ini kini memotivasi seluruh pekerjanya untuk menjadi Covid Ranger.

VP Corporate Communication Fajriyah Usman menjelaskan, Pertamina meyakini bahwa pencegahan penyebaran Covid-19 harus dilakukan serempak dan bersama-sama, mulai dari diri sendiri hingga ke lingkungan sosial, yaitu keluarga maupun rekan kerja dan mitra kerja.

“Jadi Pertamina tidak hanya menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dalam operasional perusahaan saja. Namun juga menugaskan para pekerjanya untuk tetap melaksanakan protokol-protokol tersebut dalam kegiatan sehari-harinya, meski hanya di rumah saja,” ujarnya.

Menurut Fajriyah, hal ini penting karena jika pekerja menerapkan perilaku pencegahan Covid-19 yang baik di rumah masing-masing, maka akan meminimalisir risiko penularan virus di tempat kerja. Arahan mengenai gotong royong memerangi pandemic ini langsung disampaikan langsung oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati kepada seluruh pekerja Pertamina Group.

“Bisa dikatakan ini adalah upaya berlapis sehingga yang terjaga kesehatannya bukan pekerja saja, namun juga rekan kerja di kantor dan keluarga di rumah. Bahkan sekarang kami mendorong pekerja menjadi motor yang memotivasi tetangga maupun saudara terdekatnya agar menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang baik dan benar juga,” tambahnya.

Monitoring penerapan protokol tersebut dilakukan secara ketat oleh atasan pekerja masing-masing. Pertamina juga menyediakan Hotline Pusat Layanan Medis untuk pekerja dan keluarganya, serta menerapkan geo tagging yang termonitor secara harian untuk seluruh pekerjanya.

Beberapa protokol yang harus diterapkan oleh pekerja Pertamina antara lain menggunakan masker dengan benar, rajin mencuci tangan, melakukan etika batuk dan bersin, meminimalisir bepergian ke luar rumah, menjaga jarak saat di luar rumah, serta menerapkan pola hidup sehat.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.