Sukses

Kesulitan Kuota Internet, Siswa di Cikarang Bekasi Belajar di Aula Desa

Layanan yang bekerjasama dengan Kominfo ini, bisa dimanfaatkan para siswa untuk mengikuti pelajaran sekolah secara online.

Liputan6.com, Bekasi - Pemkab Bekasi menyediakan fasilitas wifi disejumlah kelurahan untuk menunjang pembelajaraan jarak jauh (PJJ) siswa di daerah tersebut. Salah satunya dengan penyediaan sarana wifi gratis, seperti yang terdapat di aula Desa Simpangan, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Layanan yang bekerjasama dengan Kominfo ini, bisa dimanfaatkan para siswa untuk mengikuti pelajaran sekolah secara online. Terutama bagi siswa yang selama ini kerap kesulitan membeli paket data.

"Ini solusi terbaik buat warga kami di tengah pandemi, karena mulai dari siswa SD hingga SMA itu belajarnya daring," kata Sekretaris Desa Simpangan Bekasi, Cecep Sholahudin, Selasa (11/8/2020).

Menurut Cecep, para siswa yang hendak menggunakan fasilitas wifi di aula desa, wajib menerapkan standar protokol kesehatan. Di antaranya memakai masker, mencuci tangan di tempat yang disediakan, serta menjaga jarak.

"Bagi yang orangtuanya mampu membeli kuota, silakan saja belajar di rumah. Tapi kalau tidak mampu, dapat manfaatkan wifi gratis di aula desa ini," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pinjamkan Ponsel

anjut Cecep, pihaknya juga meminjamkan ponsel dengan jumlah terbatas, yang diperuntukkan bagi siswa yang ponselnya tidak mendukung untuk melakukan pembelajaran daring.

"Harapan kami, ini jadi solusi terbaik untuk orang tua yang kurang mampu membeli kuota, dapat manfaatkan wifi gratis," imbuhnya.

Melihat tingginya antusiasme siswa, pihak desa pun berencana memanggil guru sekolah setempat untuk mengatur jadwal agar para siswa tidak berkumpul di aula desa. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan sebagaimana dilarang dalam protokol kesehatan.

"Ke depannnya kita akan atur jadwal," pungkas Cecep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.