Sukses

Wagub DKI: 8 Persen Pasien Covid-19 Berusia di Bawah 19 Tahun

Penambahan jumlah kasus positif Corona atau Covid-19 di Jakarta sebanyak 472 orang pada Minggu 9 Agustus 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, anak di bawah usia 19 tahun banyak terpapar virus Corona atau Covid-19. Karena itu, dia meminta agar masyarakat terus melaksanakan protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker saat beraktivitas.

"Delapan persen dari total kasus Covid-19 di Jakarta adalah anak usia di bawah 19 tahun (data Dinkes DKI Jakarta)," kata Ariza dalam unggahan di Instagram @bangariza yang dikutip Liputan6.com, Senin (10/8/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Weningtyas Purnomorini menyatakan, tes PCR yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta sudah melebihi standar WHO yang minimal 10.645 orang setiap pekan.

"Saat ini jumlah tes PCR di Jakarta setiap pekan adalah empat kali lipat standar WHO," kata Wening dalam keterangan pers.

Selain itu, penambahan jumlah kasus positif Corona atau Covid-19 di Jakarta sebanyak 472 orang pada Minggu 9 Agustus 2020.

Dengan penambahan tersebut jumlah kumulatif pasien Covid-19 di Jakarta mencapai 25.714 orang. Sedangkan sebanyak 16.268 orang dinyatakan telah sembuh, dan 939 orang dilaporkan meninggal dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lampaui Dunia, Positivity Rate Covid-19 di Jakarta Capai 8 Persen Sepekan Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan positivity rate atau persentase kasus positif Covid-19 di Jakarta mencapai 8 persen selama sepekan kemarin. Sedangkan, positivity rate nasional mencapai 15,5 persen.

Hal tersebut disampaikan Anies melalui akun media sosial instagram @aniesbaswedan yang diunggah pada Minggu 9 Agustus 2020.

Dia menyatakan, Pemprov DKI masih terus gencar melakukan tes PCR atau swab Covid-19. Dalam sepekan terakhir, sebanyak 45.620 orang menjalani tes PCR dan jumlah tersebut melebihi target dari lembaga kesehatan dunia atau WHO.

"Strategi tes, lacak, dan isolasi terus digencarkan untuk temukan sebanyak kasus positif sehingga dapat diisolasi, disembuhkan agar mencegah penyebaran virus," kata Anies.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat terus melaksanakan protokol kesehatan terkait Covid-19 yang telah ditentukan. Yakni mulai dari menggunakan masker, jaga jarak hingga mencuci tangan.

"Dan yang terpenting batasi aktivitas keluar rumah hanya untuk keperluan esensial," ujar Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.