Sukses

Cegah Kebakaran, Polda Kalsel Gelar Operasi Karhutla Intan 2020

Menurut dia selain virus Corona wilayah Kalsel juga menghadapi Karhutla yang merupakan rangkaian peristiwa yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di musim kemarau, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan dengan sandi “Karhutla Intan 2020”.

Apel dalam rangka memaksimalkan pencegahan ini berlangsung di Lapangan Polri KM 21, Landasan Ulin Banjarbaru, Senin (3/8/2020).

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, dengan apel ini diharapkan dapat menyatukan tekad agar saling bahu membahu dalam mengendalikan Karhutla di Kalsel.

“Apel ini merupakan bentuk tindakan dalam kesiapsiagaan kita dalam menanggulangi bencana Karhutla,” ungkap Niko.

Menurut dia selain virus Corona wilayah Kalsel juga menghadapi Karhutla yang merupakan rangkaian peristiwa yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat yang disebabkan faktor alam maupun ulah manusia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Personel Polisi Dikerahkan

Dua bencana itu dapat mengakibatkan korban jiwa kerusakan lingkungan kerugian harta benda dan dampak psikologis.

"Kami siap bersinergi dengan semua elemen dalam mengantisipasi kebakaran hutan yang mungkin terjadi saat memasuki musim kemarau saat ini. Saya yakin jika semua bergerak baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah serta peran seluruh stakeholder akan mudah dan cepat tertanggulangi," tegas mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya ini.

Niko menegaskan, ratusan personel Polri beserta sarana dan prasarana akan dikerahkan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lambung Mangkurat. Jumlah tersebut dipastikan akan bertambah dengan adanya dukungan personel TNI, Pemda dan Relawan.

"Pencegahan sedini mungkin harus dilakukan untuk meminimalisir terjadi kebakaran," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.