Sukses

Jokowi Sebut 5 Provinsi Ini Berhasil Tangani Kasus Covid-19

Lima provinsi tersebut dinilai berhasil mengendalikan kasus corona berdasarkan parameter dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi pengendalian virus corona (Covid-19) di sejumlah provinsi di Indonesia.

Jokowi menyebut lima provinsi terbaik dalam menangani penyebaran Covid-19 yakni, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Barat, dan Gorontalo.

Hal ini disampaikan Jokowi saat bertemu dengan para gubernur di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (15/7/2020). Lima provinsi tersebut dinilai berhasil mengendalikan kasus corona berdasarkan parameter dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Dari seluruh parameter yang kita miliki, memang DIY (D.I. Yogyakarta) yang paling baik. Bangka Belitung juga masuk, ini yang 5 besar yang baik. Bangka Belitung, Aceh juga masuk. Ketiga, Sumbar juga masuk, dan Gorontalo," ujar Jokowi seperti dikutip dari setkab.go.id.

Selain lima provinsi itu, dia juga menilai penanganan Covid-19 di Papua Barat juga baik. Hal ini dilihat dari Papua Barat yang memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi dan jumlah pasien meninggal sedikit.

"Pengendaliannya yang sembuh banyak dan yang meninggal empat," ucap Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekan Kasus Kematian

Jokowi mengaku ingin daerah-daerah lainnya mampu menekan kasus positif corona sekaligus menurunkan angka kematian dan meningkatkan jumlah pasien yang sembuh. Kendati begitu, dia menyadati tiga hal tersebut bukanlah hal yang mudah dilakukan.

"Bukan barang yang gampang tapi sekali lagi, ini bukan barang yang gampang," kata Jokowi.

Untuk diketahui, jumlah kasus corona di Indonesia bertambah 1.522 orang pada Rabu, 15 Juli 2020. Sehingga, total kasus positif Covid-19 nasional menjadi 80.094 orang.

Sedangkan untuk Pasien sembuh bertambah 1.414 orang dan totalnya menjadi 39.050. Adapun pasien meninggal dunia bertambah 87 menjadi 3.797 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • virus corona