Sukses

8 Pegawai Positif Covid-19, RSUD Kalideres Disterilisasi 7-13 Juli

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalideres Jakarta Barat disterilisasi mulai 7-13 Juli 2020 dan layanan poliklinik dialihkan sementara ke RSUD Cengkareng. Hal ini menyusul temuan delapan pegawai positif Covid-19.

"Pegawai umum yang terpapar ada delapan," kata Direktur RSUD Kalideres dr M Bal'an Kamali Rangkuti di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Dilansir Antara, Bal'an mengatakan, pihaknya menunggu hasil tes usap yang sudah dilakukan untuk seluruh pegawai RSUD Kalideres. Tes usap Covid-19 untuk seluruh pegawai dan tenaga medis di RSUD Kalideres telah dilakukan pada Kamis 9 Juli 2020.

Kegiatan tes usap pada awalnya sudah terjadwal dalam persiapan normal baru di pelayanan RSUD Kalideres.

"Namun karena ada pegawai yang terpapar, maka jadwal kami percepat untuk memastikan rantai penularan bisa diputus dan mengamankan warga yang berkunjung berobat," kata dia.

Sterilisasi karena adanya Covid-19 dengan cairan disinfektan, dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalideres, Jakarta Barat, selama tujuh hari pada 7-13 Juli 2020.

Untuk sementara waktu masyarakat yang akan menjangkau sejumlah layanan kesehatan di RSUD Kalideres dialihkan ke RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

"Enggak tutup semuanya. Tapi masih dapat melayani untuk kasus penanganan pasien dalam keadaan darurat," ujar Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristy Wathin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Positif Covid-19 Bertambah 1.611 pada 10 Juli, DKI Jakarta Terbanyak

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengumumkan, kasus virus Corona di Tanah Air bertambah 1.611 kasus baru, Jumat (10/7/2020). Dari jumlah itu, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah penambahan terbanyak.

"Kalau kita lihat sebaran dengan penambahan kasus hari ini, DKI Jakarta melaporkan kasus baru terkonfirmasi sebanyak 260 orang," ujar Yurianto dalam video conference, Jumat sore.

Dengan begitu, jumlah kasus Covid-19 di Jakarta sebanyak 13.739. Dari total itu, 8.825 pasien telah dinyatakan negatif dari virus Corona dan 671 pasien meninggal dunia.

Jawa Timur menjadi provinsi kedua dengan jumlah penambahan kasus terbanyak. Pasien positif virus Corona di Jawa Timur bertambah 246 orang. Kendati begitu, Jawa Timur masih menjadi daerah dengan jumlah kasus terbanyak di tanah air yakni, 15.730.

Sementara itu, ada sembilan provinsi yang melaporkan tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 hari ini. Provinsi tersebut adalah Aceh, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Riau, dan NTT.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS