Sukses

Begini Cara Polri Disiplinkan Warga di Era New Normal

34 ribu personel gabungan itu ditugaskan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di 1.800 objek yang menjadi pusat keramaian pada era new normal.

Liputan6.com, Jakarta - Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan memastikan Polri mendukung kebijakan pemerintah terkait kehidupan normal baru atau new normal. Dia mengatakan, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis telah menugaskan anggota Polri untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat di sejumlah fasilitas umum.

"Bukan untuk penegakan hukum, namun lebih mengedepankan edukasi masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan karena ketaatan dan kedisiplinan masyarakat adalah kunci keberhasilan new normal ini," ujar Ramadhan, Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Dia berharap, dengan pengamanan yang diberikan jajaran Polri yang didukung oleh TNI ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat. Dia berharap, dalam kehidupan normal baru nanti masyarakat tetap produktif namun aman dari virus corona Covid-19.

"Polri dan TNI telah menyiagakan 340 ribu personel untuk mengamankan pelaksanaan new normal life yang akan mulai diterapkan di 4 provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo) dan 25 kabupaten/kota," kata dia.

Menurut dia, 34 ribu personel gabungan itu ditugaskan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di 1.800 objek yang menjadi pusat keramaian pada era new normal.

"Cara bertindak Polri di lapangan nanti akan disinergikan sesuai dengan pada Keputusan Menteri Kesehatan No. 328 tanggal 20 Mei 2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada situasi pandemi," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan

Ramadhan berharap masyarakat dengan sendirinya patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa kehidupan normal baru. Jika tidak, dia menyatakan Polri akan melakukan tindakan tegas.

"Polri akan mengedepankan upaya-upaya persuasif agar masyarakat mematuhi semua ketentuan dan protokol kesehatan. Namun jika masih ada yang tidak patuh, Polri akan melakukan tindakan tegas sesuai ketentuan," kata Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.