Sukses

Waspada Penipuan Galang Donasi Corona Catut Nama BNPB di Medsos

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendapati adanya akun media sosial Instagram mengatasnamakan BNPB dan membuka donasi uang lewat transfer rekening di tengah penyebaran virus Corona Covid-19. Akun tersebut juga mencatut website bnpb.go.id.

"BNPB mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyikapi bentuk informasi, khususnya di media sosial, yang digunakan untuk menggalang donasi," tutur Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Minggu (12/4/2020).

Agus menyebut, pihaknya telah menindaklanjuti temuan akun bodong tersebut. BNPB juga menghubungi pihak BNI terkait nomor rekening yang digunakan dan platform Facebook untuk melakukan pemblokiran.

""Akun tersebut menggunakan logo BNPB dan tulisan BNPB Provinsi," ucap Agus.

Dia menjelaskan, dalam akun palsu BNPB tersebut tertulis menerima bantuan berupa uang tunai untuk nantinya disimpan di kas negara dan disertakan pula nomor rekening BNI.

"Terkait dengan penerimaan donasi, Gugus Tugas telah memiliki rekening yang secara resmi digunakan untuk membantu penanganan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19," Agus menandaskan.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Publik Tak Termakan Hoaks

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meminta masyarakat untuk tidak mempercayai berita yang bersumber tidak jelas.

"Kita juga meminta agar saudara-saudara sekalian tidak begitu mudah untuk mempercayai berita, informasi yang tidak jelas asal-usulnya. Dan hanya berujung pada kepanikan, ketakutan," pinta Achmad Yurianto melalui konferensi pers di BNPB, Minggu (12/4/2020).

Menurut dia, berita semacam itu akan mempengaruhi imunitas kita dalam menghadapi wabah virus Corona atau Covid-19 ini.

"Oleh karena itu setiap hari kami akan mengingatkan bahwa informasi, bahwa berita secara resmi akan kita update dan selalu kita sampaikan kepada masyarakat," ungkap Yurianto.

"Baik itu melalui portal Covid19.go.id, melalui hotline 119, melalui pesan WhatsApp di Covid-19 di 081133399000," lanjut dia.

Dia mengatakan, informasi mengenai virus Corona atau Covid-19 juga bisa diperoleh masyarakat melalui Halo Kemenkes di nomor 1500567.

"Dan aplikasi-aplikasi online lainnya, serta layanan tele medicine yang bisa dikasih oleh seluruh masyarakat Indonesia dari manapun," tandas Yurianto.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: