Sukses

Ini 12 Link Alternatif Jika Situs Resmi Pengumuman SNMPTN 2020 Sulit Diakses

Liputan6.com, Jakarta Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN bisa dilihat di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di https://portal.ltmpt.ac.id/ Jumat (8/4/2020), pukul 13.00 WIB. 

Diketahui dari 489.601 siswa yang mengikuti seleksi, sebanyak 96.496 calon mahasiswa dinyatakan lulus dalam SNMPTN tahun ini. 

Jika nantinya para peserta yang berhasil lulus SNMPTN sulit mengakses situs tersebut, pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menyediakan 12 mirror lama utama, yaitu:

1. http://snmptn.ui.ac.id

2. https://snmptn.undip.ac.id

3. http://snmptn.ugm.ac.id

4. http://snmptn.unair.ac.id

5. https://snmptn.unsri.ac.id

6. http://snmptn.untan.ac.id

7. http://snmptn.itb.ac.id

8. https://snmptn.its.ac.id

9. http://snmptn.ipb.ac.id

10. http://snmptn.unand.ac.id

11. http://snmptn.unhas.ac.id

12. http://snmptn.unsyiah.ac.id

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Verifikasi Data Diri

Di sisi lain, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengimbau bagi para siswa yang diterima melalui jalur ini agar memperhatikan bahwa hasil seleksi ini belum memutuskan bahwa mereka resmi menjadi mahasiswa dari perguruan tinggi yang telah menerima mereka.

Menurut Nasih, masih ada tahapan lagi untuk memastikan bahwa calon mahasiswa resmi menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tujuan, yakni verifikasi data diri.

"Status penerimaan Anda sebagai mahasiswa akan ditetapkan setelah PTN tujuan melakukan verifikasi data akademik, seperti rapor dan/atau portofolio," kata Nasih melalui konferensi pers daring, Rabu (8/4/2020).

Nasih juga meminta kepada mereka yang lolos seleksi untuk membaca peraturan tentang penerimaan mahasiswa baru di laman PTN tujuan.

"Ketidakcermatan dalam memenuhi ketentuan PTN tujuan dapatberdampak pada status penerimaan Anda," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Nasih juga meminta mereka yang diterima untuk menjadi "Duta Pencegahan Covid-19" sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diterima melalui SNMPTN.

"Dengan cara membantu mensosialisasikan melalui berbagai media daring atau media lainnya 'MATERI SOSIALISASI TERSEDIA DI WEB LTMPT ATAU SATGAS COVID-19 DI PTN'," pinta Nasih.

Sementara, khusus peserta Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah, pihak universitas akan melakukan pengecekan ke tempat tinggal calon mahasiswa.

"PTN tujuan juga dapat melakukan verifikasi data ekonomi dan/atau kunjungan ke tempat tinggal Anda sebelummenetapkan status penerimaan Anda," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: