Sukses

DPRD Kirim Surat Terpilihnya Riza Patria Jadi Wagub DKI ke Kemendagri Besok

Kemendagri menyebut, jika surat mengenai terpilihnya [Ahmad Riza Patria](4220438 "") sudah diterima, maka menteri akan mengecek berkasnya.

Liputan6.com, Jakarta - DPRD DKI Jakarta akan mengirimkan surat mengenai terpilihnya Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada besok, Rabu 8 April 2020.

"Rencananya besok. Karena kami lagi menyiapkan berkas-berkas pendukungnya, dan sambil kami minta arahan dari Pak Ketua Dewan (Prasetyo Edi Marsudi)," kata Sekwan DPRD DKI Dame Aritonang kepada Liputan6.com, Selasa (7/4/2020).

Sementara itu, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik mengatakan, jika sudah diterima surat mengenai terpilihnya Ahmad Riza Patria, maka menteri akan mengecek berkasnya.

"Nanti menteri ngecek prosesnya baru ke Presiden. Yang jelas tidak mungkin lama," kata Akmal.

Menurut dia, tugas dari Kemendagri adalah menyiapkan dokumen untuk diteruskan ke Presiden. "Tugas kami menyiapkan dokumennya, meneruskan ke Presiden dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kemudian diproses oleh Presiden," jelas Akmal.

Mengenai pelantikan Ahmad Riza Patria sebagai Wagub DKI Jakarta apakah berbeda lantaran ada pandemi Covid-19, Akmal mengatakan, hal tersebut merupakan kewenangan dari pihak Istana Kepresidenan. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI Jakarta

Penantian panjang warga Jakarta untuk mempunyai wagub baru pengganti Sandiaga Uno, akhirnya terjawab. DPRD DKI Jakarta memutuskan nama   Ahmad Riza Patria menjadi wagub terpilih untuk mendampingi Anies Baswedan hingga 2022 mendatang.

Riza Patria dipastikan terpilih usai memenangi voting para anggota DPRD DKI. Calon yang diusung Partai Gerindra ini mengantongi 81 suara. Sedangkan saingannya, Nurmansyah Lubis yang diusung PKS mendapatkan 17 suara. Sisanya 2 suara dianggap tidak sah. Total suara yang perebutkan adalah 100 suara. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Ahmad Riza Patria yang terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Pemilihan penghitungan suara sudah selesai dan terpilih Bapak Ahmad Riza Patria, saya mengucapkan selamat dan insyaallah kita bisa kerja sama dengan baik. Saya berharap proses berikutnya bisa tuntas supaya mulai bekerja," ucap Anies seusai menghadiri pemilihan Wagub di DPRD, Senin (6/4/2020).

Anies menuturkan, setelah penetapan Wagub terpilih, nama Riza akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk diteruskan kepada Presiden Joko Widodo.

"Proses ini dilanjutkan dengan pengusulan kepada Presiden melalui Mendagri sesudah itu pelantikan," terangnya.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.